PUPR Pekanbaru Perbaiki Jalan Rusak Jelang Lebaran

Indra-Pomi9.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru sudah melakukan pendataan titik jalan yang bakal diperbaiki. Mereka memprioritaskan perbaikan sejumlah ruas jalan sebelum Idul Fitri 1443 H.

"Seperti jalan yang sering dijadikan jalan alternatif oleh masyarakat. Selain juga jalan menuju masjid dan juga lapangan yang digunakan sebagai lokasi salat Idul Fitri," ujar Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution.

Untuk perbaikan jalan nasional dan provinsi yang ramai dilalui pemudik, PUPR Pekanbaru terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan juga Pemerintah Provinsi Riau.


"Jalan untuk mudik itu bukan kewenangan kita. Itu jalan provinsi dan nasional, kita hanya berkoordinasi dengan provinsi dan nasional. Contohnya kemarin ada jalan ke arah Kampar yang rusak kita koordinasi dengan PJN, dan langsung ditangani," paparnya.

Walaupun demikian, pihaknya siap mendukung kelancaran pengguna jalan selama arus mudik lebaran. "Sebab, untuk perbaikannya disesuaikan dengan kewenangan berdasarkan status jalan," ujarnya.

Pihaknya juga menyiagakan alat berat guna mendukung kelancaran lalu lintas saat mudik lebaran tahun 2022. Alat berat ini dipersiapkan jika terjadi hal-hal diluar dugaan, seperti longsor, dan ruas jalan ambruk.

Indra mengatakan, alat berat milik PUPR Pekanbaru siap dikerahkan ke titik bencana jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

"Peralatan kita stanby, mana tau ada hal-hal diluar dugaan. Alat kita siap untuk mendukung itu," kata Indra.