Penuhi Hak Napi, Lapas Bengkalis Berikan Alat Perlengkapan Kebersihan

warga-wtp.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bengkalis di bawah Kanwil Kumham Riau, terus berkomitmen untuk melayani kebutuhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Lapas Bengkalis memberikan perlengkapan alat mandi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1443 H.

Adapun alat perlengkapan mandi diterima oleh warga binaan berupa sabun mandi, shampo, pasta gigi dan detergen sebanyak 1 pcs.

Kepala Lapas Bengkalis, Edi Mulyono mengatakan kegiatan dilaksanakan Sabtu, 02 April 2022 pagi kemarin.


Kegiatan tersebut juga merupakan pemenuhan hak WBP yang diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP dimana setiap Tahanan, Narapidana dan Anak berhak mendapatkan perawatan jasmani berupa pemberian kesempatan melakukan olahraga dan rekreasi, pemberian perlengkapan pakaian, serta pemberian perlengkapan tidur dan mandi.

"Pembagian ini dinilai sangat penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan WBP terutama pada kebersihan dan kesehatan diri WBP," terang Edi Mulyono Kepada RIAUONLINE, Minggu 3 Maret 2022.

Selanjutnya kegiatan dilanjut dengan pemberian hadiah pertandingan dalam rangka hari Bakti Pemasyarakatan dengan pertandingan tennis meja, takraw, bulu tangkis dan catur.

Kegiatan pembagian perlengkapan mandi dan pemberian hadiah kepada WBP berlangsung dengan tertib dan aman. Pelaksanaan kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan penanggulangan penyebaran Covid-19.