Dua Posisi Kepala OPD Kosong, Ini Kata Wako Firdaus

wako-fid.jpg
(/Laras Olivia/RIAUONLINE.)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dua posisi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih belum memiliki pejabat defenitif. Saat ini jabatan masih dijabat pelaksana tugas atau plt. Padahal telah dilakukan seleksi terbuka Jabatan Pejabat Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Dua jabatan yang belum ada pejabat defenitif yakni Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman (Perkim) Kota Pekanbaru serta Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru. Diketahui bahwa posisi Kepala Dinas Perkim Kota Pekanbaru juga sepi peminat.

"Jadi saat dibuka memang sepi peminat, tidak ada yang peserta sehingga belum terpilih pejabat barunya," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

Menurutnya, pengangkatan terhadap pejabat defenitif untuk Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru juga masih tertunda. Ia menyebut, pengangkatan Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru lebih khusus sehingga harus ada kesepakatan legislatif dan eksekutif.

"Ini kan belum ada kesepakatan, maka kita tunda. Sesuai ketentuan bersama unsur pimpinan dan kepala daerah, kita pun menunda agar bisa memenuhi ketentuan," terangnya.


Dijelaskan Firdaus, enam jabatan sudah terisi oleh pejabat defenitif. Mereka merupakan pejabat yang lulus dalam rangkaian seleksi terbuka JPTP beberapa waktu lalu. Proses pelantikan keenam pejabat ini juga sudah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Pejabat yang menjalani pelantikan yakni Zaini Rizaldy sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. Ia sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

Ada juga Syarbaini sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru.

Selanjutnya Muhammad Firdaus kini menjabat Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Pekanbaru. Ia sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Pekanbaru.

Kemudian Hendra Afriadi kini menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Ia sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris DLHK.

Pejabat lainnya yakni Yulianis yang menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru. Ia sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris BPKAD Kota Pekanbaru.

Akmal Khairi kini menjabat sebagai Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru.