(Video) Para Pejabat Pidato di Panggung, Anak-anak Malah Nguap dan Tidur

Pembukaan-OSN-di-Gelanggang-Remaja.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ribuan pelajar mulai dari SD hingga SMA, tumpah ruah di Gelanggang Remaja, Pekanbaru. Mereka menghadiri pembukaan serta berkompetisi sesama mereka untuk menjadi terbaik dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), 3-8 Juli 2017, di Gelanggang Remaja, Pekanbaru. 

Saat para pejabat berpidato di atas panggung, pantauan RIAUONLINE.CO.ID, para murid SD terlihaat mulai gelisah, gerah dan tak tenang di bangku duduk mereka. 

Malahan, ada di antara mereka yang menguap dan terangguk-angguk menahan kantuk saat pembukaan OSN berlangsung. Tahun ini, OSN diikuti 1.280 peserta dari seluruh jenjang pendidikan mulai SD, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK.

Baca Juga: Pukulan Kompang Tandai Pembukaan Olimpiade Sains Nasional Di Pekanbaru

Diharapkan olimpiade ini menjadikan ilmu dan teknologi nasional bangkit di tengah gelombang perkembangan zaman dibawa negeri maju bangsa lain ke Indonesia.

Peserta OSN ini dikuti 204 siswa SD, 396 SMP dan 680 SMA/sederajat akan bertanding dengan mengikuti ujian dari berbagai disiplin ilmu seperti Matematika, IPA, IPS, Informatika, Fisika, Kimia, Bilogi, Kebumian hingga Astronomi.

Mereka akan memperebutkan 420 medali terdiri dari 70 emas, 140 perak dan 210 perunggu dengan lokasi perlombaan di berbagai tempat seperti SMP Dharma Yudha, SMA 1, 4, dan 8, lalu SMK Labor, SMK Plus, Cendana, Universitas Riau dan Politeknik Caltex Riau.

Kontingen OSN Riau menurunkan 57 peserta dengan rincian 35 siswa SMA, SMP 14 orang, dan 8 murid SD. Sedangkan ilmu diperlombakan untuk tingkat SMA antara lain, fisika, kimia, biologi, matematika, ekonomi, geografi, kebumian, astronomi dan komputer.


 

Tingkat SMP seperti matematika, IPA dan IPS dan SD ilmu matematika dan IPA. Para juara lolos di ajang bergengsi ini tampil di perlombaan lebih besar lagi tingkat olimpiade sains internasional.

Meskipun Riau dijadikan sebagai tuan rumah, Gubernur Andi Rachman, sapaannya, tetap memberikan motivasi dan doa agar Riau sukses meraih juara di ajang bergengsi tingkat pelajar ini.


"Kita sama-sama mengetahui tahun ini Riau dipercaya sebagai tuan rumah. Mari kita manfaatkan dengan baik kesempatan ini," katanya saat pelepasan Kontingen OSN Riau, Sabtu, 1 Juli 2017, di Hotel Furaya. 

 

Andi Rachman menjelaskan, karena ilmu akan diperlombakan sangat berguna bagi bangsa dan negara,, kepada peserta olimpiade asal Riau untuk tidak tegang dalam menjalani perlombaan.

 

Klik Juga: Lepas Kontingen OSN Riau, Andi: Rileks Saja, Santai, Jangan Tegang

 

 

Tetap santai, ujar Andi, kosenterasi dan terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. "Rileks saja. Tapi jangan lupa berdoa dan tentu harus konsentrasi," kata Andi mengingatkan kembali.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline