5 Tips Agar Anda Tetap Bugar Usai Begadang Semalam

bangun-pagi.jpg
(net)

RIAUONLINE - Begadang sudah diketahui oleh semua orang merupakan kebiasaan yang tidak sehat. Banyak sekali gangguan kesehatan yang dapat timbul bila terlalu sering begadang. Oleh karena itu, kamu harus menghindari terlalu sering begadang.

Ada beberapat tips tetap sehat walaupun terpaksa begadang di malam hari. Namun, bila begadang dilakukan secara terus menerus tentunya tetap tidak baik bagi kesehatan tubuh. Maka bila memang harus begadang kamu harus memperhatikan beberapa hal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (16/6/2019) tentang tips tetap sehat walaupun terpaksa begadang di malam hari.

1. Tidur Siang

Tips pertama untuk tetap sehat walaupun terpaksa begadang di malam hari adalah menabung tidur terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan menyediakan waktu untuk tidur siang sebelum begadang pada malam harinya.

Atau kamu juga bisa menyediakan waktu tidur siang di hari setelah begadang tersebut. Kamu dituntut untuk selalu memenuhi kebutuhan tidur setiap harinya. Kamu bisa menyediakan setidaknya 15-20 menit untuk tidur di siang hari.

Bila kamu melakukannya secara rutin, nantinya tubuh akan terbiasa dan membuat kamu bisa begadang dengan lebih segar tanpa rasa ngantuk. Dengan itu kamu juga bisa menjaga kebutuhan tidur dan kesehatan.

2. Menghindari Minuman Berenergi

Tips selanjutnya adalah menghindari minuman berenergi. Hal ini sering dilakukan oleh orang-orang yang begadang. Padahal mengonsumsi minuman berenergi ini dengan jumlah besar hanya akan membuat tubuh akan kelelahan keesokan harinya.


Kamu cukup mengonsumsi air putih saja saat begadang untuk menjaga asupan cairan. Minum air putih juga lebih sehat daripada minuman lain seperti teh atau kopi.

Namun mengonsumsi teh atau kopi yang memang sudah menjadi budaya orang-orang begadang bisa dilakukan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Kamu juga bisa menambahkan madu ke daftar minuman sehat yang dikonsumsi saat begadang.

3. Makan

Tips tetap sehat walaupun terpaksa begadang di malam hari yang kedua adalah jaga pola makan. Tentunya dengan begadang pola makan kamu akan terganggu. Saat kamu merasa lapar di malam hari dan tidak mengontrol makan, berat badanmu bisa naik secara drastis.

Oleh karena itu, kamu bisa makan malam seperti biasa, namun pada saat begadang kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi camilan yang sehat. Kamu bisa memilih camilan sayuran dan buah yang dikonsumsi setiap 2 atau 3 jam agar tetap fokus.

Dalam hal ini, buah apel lebih disarankan karena mengandung sukrosa dan fruktosa untuk menjaga stamina dan memberikan energi lebih lama. Dengan begitu, kamu bisa terhindari dari rasa mengantuk bila makan makanan berat.

Selain Apel, kamu juga bisa mengonsumsi telur setengah matang untuk mengembalikan stamina yang menurun setelah begadang. Jadi pagi setelah begadang kamu dianjurkan untuk mengonsumsi telur setengah matang, sebaiknya gunakan telur ayam kampung yang khasiatnya lebih bagus.

4. Jangan Langsung Mandi Setelah begadang

Hal ini berkaitan dengan keadaan suhu tubuh yang masih panas. Saat tubuh masih panas karena kurang istirahat, lalu kamu langsung mengguyurnya dengan air dingin maka kamu setidaknya akan terkena penyakit flu.

Sebaiknya kamu menyediakan waktu untuk tidur sebentar sebelum mandi. Dengan begitu tubuh suhu tubuh akan menurun dan tidak panas lagi. Jadi untuk tetap sehat walaupun terpaksa begadang di malam hari, kamu harus mengatur jadwalmu sebaik mungkin terutama untuk mengganti tidur.

5. Olahraga

Tips selanjutnya adalah berolahraga. Setelah begadang tentunya kamu sangat ngantuk dan akan sangat berat bila harus melakukan olahraga. Namun kamu sebaiknya tetap berolahraga namun bukan olahraga berat.

Kamu bisa berjalan kaki atau berlari lambat di sekitar rumah agar urat-urat saraf tidak tegang dan lebih konsentrasi. Kamu juga bisa melakukan peregangan ringan di dalam rumah saja agar tidak terlalu mengantuk.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: Ini 5 Tips Tetap Bugar Meski Terpaksa Begadang di Malam Hari