Aktual, Independen dan Terpercaya


Inilah Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia

Kematian.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Kematian memang suatu hal yang tidak dapat dihindari dan bisa terjadi pada siapa saja serta pada usia berapa pun. Setiap tahunnya, terdapat jutaan manusia yang meninggal karena berbagai sebab.

 

Dilansir dari KlikDokter.com, World Health Organization (WHO) memperkirakan 55 juta orang meninggal dunia pada tahun 2011. Sekitar dua per tiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit paru kronik.

 

Sedangkan sisanya dikarenakan penyakit infeksi menular, masalah maternal (ibu), perintal (bayi/anak), nutrisi dan kecelakaan lalu lintas. Berikut adalah penyebab kematian terbanyak di dunia menurut WHO.

 

1. Penyakit jantung koroner

 

2. Stroke

 

3. Infeksi saluran napas bawah

 

4. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

 

5. Diare

 

6. HIV/AIDS

 

7. Kanker paru

 

8. Diabetes melitus

 

9. Kecelakaan lalu lintas

 

10.Prematuritas

 

dr. Dina Kusumawardhani Anggota Dewan Redaksi Medis Klikdokter.com mengatakan kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) telah membunuh 17 juta manusia di dunia, artinya 3 dari 10 kematian disebabkan oleh penyakit ini. WHO menyebutkan bahwa rokok bertanggung jawab atas jumlah kematian itu.

 

"Rokok juga menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik dan kanker paru. Dalam hal ini, rokok bertanggung jawab atas 1 dari 10 kematian di dunia," kata Dina.

 

Sedangkan pada anak-anak, penyebab kematian terbanyak adalah infeksi paru-paru (pneumonia), prematuritas, asfiksia, dan diare. Sekitar 7 juta anak meninggal sebelum usia 5 tahun dan hampir semuanya (99%) terjadi di negara miskin dan berkembang.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline