Membanggakan, Riau Punya Pemimpin Muda yang Cemerlang

Dr-Husnul2.jpg
(dok pribadi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Beberapa hari ini publik Riau sedang dihebohkan oleh keberhasilan Provinsi ini yang akan mendapatkan keuntungan dari pengelolaan Participating Interest 10 persen di Blok Rokan.

Blok Rokan merupakan penghasil minyak yang fenomenal di Indonesia bahkan dunia. Keberadaan Blok minyak dan gas ini juga telah sejak lama menopang kehidupan republik ini.

Berpuluh tahun sudah Blok ini beroperasi, bahkan mulai dari negara ini belum terbentuk, alias sejak masih zaman Belanda. Sejak itu pula keberadaan Blok ini tdk bersentuhan langsung dengan kesejahteraan masyarakat Riau.

Kini, berjalan dengan waktu, dengan semakin matangnya pemikiran masyarakat Riau, didukung oleh keberadaan regulasi yg butuh perjuangan, manfaat langsung Blok ini sudah mulai dirasakan.

Adalah Husnul Kausarian, tokoh muda yang sudah bergelar Doktor di bidang geologi, kini berhasil mendapatkan hak penerimaan dan pengelolaan Blok Migas dengan Participating Interest (PI) 10% melalui BUMD Riau PT. Riau Petroleum.

Bukan tugas yang mudah untuk mendapatkan PI 10% tersebut, berbagai persoalan kompleks baik itu dari internal dan eksternal dari BUMD yang dipimpinnya, dalam waktu yang relatif singkat berhasil diselesaikannya. Untuk persoalan internal, BUMD yang dipegangnya merupakan BUMD tua yg tidak produktif, dirinya datang pada pertengahan 2021 dengan setumpuk persoalan di dalamnya.


Bahkan di awal kepemimpinannya, sangat banyak pihak yang meragukan kemampuan dirinya, bahkan meragukan BUMD ini dan cercaan serta ketidakyakinan terhadap BUMD ini adalah hal yang biasa dihadapi diawal kepemimpinan Dr Husnul.

Perjuangan mendapatkan PI 10% juga bukan hal yang mudah. 10 tahapan yang berliku dan kompleks akhirnya berhasil diselesaikannya dengan baik tanpa ada masalah.

Tercatat, kini PT Riau Petroleum menjadi satu-satunya BUMD di Indonesia yang memiliki PI 10% lebib dari satu. Beliau berhasil membawa Riau Petroleum menyalip BUMD lainnya di Indonesia.

Tercatat sejak kepemimpinan Beliau, sudah ada tiga Blok Migas yang berhasil didapatkannya yaitu Blok Siak, Blok Rokan, dan Blok Kampar. Sekarang Riau Petroleum berhasil berubah dari BUMD yang dipandang sebelah mata, menjadi BUMD fenomenal.

Triliunan rupiah berhasil didapatkan olehnya, untuk selanjutnya diserahkan kepada pemangku kepentingan di Provinsi Riau. Baik itu Pemerintah Provinsi, hingga Pemerintah Kabupaten. Kita patut angkat topi dan mengapresiasi kinerja yang telah ditunjukkannya.

Dan kita berharap agar keberhasilan perjuangan yang sangat baik ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Daerah di Provinsi Riau untuk pembangunan yang bermanfaat untuk masyarakat Riau.

 

oleh : Chaleb Kanaan Sihombing
Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi
Universitas Islam Riau