Aktual, Independen dan Terpercaya


Diskusi Literasi dan Pembentukan Forum Taman Bacaan Masyarakat Inhil

diskusi-taman-baca.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, INHIL - Diskusi Literasi sekaligus pembentukan Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Inhil di Taman Sri Gemilang Depan Kantor Bupati, Tembilahan yang ditaja oleh TBM Hamfara Library, Minggu, (25/8). Diskusi dihadiri oleh Ketua Umum FTBM Provinsi Riau, Bapak Sutriyono. Sekaligus juga dihadiri oleh Bapak H. Ruslan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dipersib) Inhil, serta Bapak Syahjuri Ketua Karang Taruna Inhil. Dan hadir juga Bapak Guslaini Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI) serta guru IGI Inhil.

Peserta diskusi literasi ini dihadiri oleh Forum GenRe Inhil dan Forum Anak Inhil, dan teman-teman Volunteer Literasi Inhil serta para pengunjung di Taman Sri Gemilang.

Diskusi berjalan hangat walau hanya duduk lesehan di panggung yang ada di taman. Ini suatu upaya-upaya kecil bahwasannya diskusi di mana saja tidak masalah, yang penting tujuannya baik dan bermanfaat.

"Bagaimana agar kita komitmen dan konsisten menjadi relawan?", pertanyaan Yogi (GenRe Inhil) salah satu peserta diskusi.

 

"Menjadi relawan tentu harus dengan landasan niat yang baik. Relawan literasi sama halnya dengan relawan Allah. Kenapa? Karena kita berbuat baik untuk orang banyak, memberi ruang kepada orang-orang untuk belajar, salah satunya memfasilitasi membaca buku. Insyaaallah, pintu kebaikan akan terbuka untuk kita malalui tangan-tangan malaikat, seiizin Allah," jawab Redovan Jamil salah satu Pengurus Wilayah FTBM Riau.

"Jalan saja dulu, berbuat saja selagi itu baik. Tidak usah pikirkan yang lain-lain dulu seperti uang, ini itu. Jika kita sudah berbuat dan berkarya, nanti semua akan datang saja kebaik-kebaikan yang tidak tahu dari mananya. Begitulah kerja sosial, berbuat dalam zona ikhlas, dan tentu malaikat akan menghitung sebagai ibadah," tambah Pak H. Ruslan.

"Jangan terlena melihat cahaya orang lain, sehingga kita lupa memancarkan cahaya kita sendiri. Dan panggung ini sangat luas untuk kita menari-nari dan berkarya. Maka bersama-sama kita ambil peran masing-masing untuk menggerakkan Literasi ini," pesan-pesan mutiara dari Ketua FTBM Riau, Sutriyono.

Pada akhir diskusi terpilihlah Ketua FTBM Inhil, M. Ridwan. Sekretaris, Wahyu Riski Aulia dan Bendahara, Winda. Dalam waktu dekat pengurus FTBM Inhil akan segera dirampungkan. (rls)