Drawing Piala Dunia U-20 Resmi Batal Usai Pemprov Bali Tolak Israel

Piala-Dunia-U-20-poster.jpg
(Foto: FIFA)

RIAU ONLINE - Agenda drawing Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya digelar di Bali pada 31 Maret 2023 resmi dibatalkan. Hal ini ditegaskan anggota Exco, Arya Sinulingga, Minggu, 26 Maret 2023.

Isu penolakan Timnas U-20 Israel main di Indonesia telah ramai di berbagai kalangan. Arya menjelaskan pembatalan ini dipicu penolakan terhadap Israel main di Bali oleh pemprov setempat. Pasalnya, Bali sebelumnya telah ditunjuk langsung oleh FIFA untuk menjadi lokasi drawing.

"Sebenarnya kan Pemerintah Provinsi [Pemprov] Bali ini kan memberikan government guaranty ketika sepakat dan setuju sebagai tuan rumah piala dunia u-20, dengan penolakan tersebut, wajar FIFA melihat ini harus dibatalkan," terang Arya, dikutip dari kumparan.


"Mengenai kapan waktu drawing dan di mana, kami masih belum dapat informasi dari FIFA, saat ini kami sedang memikirkan cara agar Indonesia tidak dikucilkan dalam ekosistem sepak bola," tambahnya.

Rencannya, Piala Dunia U-20 2023 berlangsung selama 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang. Sebanyak 24 negara, termasuk Israel yang menjadi peserta yang lolos dengan status Runner Up Euro U-19 2022.

Bali menjadi satu dari 6 kota tuan rumah. Laga-laga di 'Pulau Dewata' akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Namun, Gubernur Bali, I Wayan Koster, telah mengirim surat yang ditujukan ke Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang isinya menolak Timnas Israel untuk bertanding di Bali pada Senin, 20 Maret 2023 lalu.