Sosialiasi QRIS di Al-Ihsan Boarding School, Bank Indonesia Praktek Langsung

Sosialiasi-QRIS-di-Al-Ihsan-Boarding-School-Bank-Indonesia-Praktek-Langsung.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Riau menggelar sosialisasi pekan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) di Al-Ihsan Boarding School, Kubang Raya, Kamis, 12 Maret 2020.

Dalam sosialisasi ini, Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah (SP—PUR), Asral Mashuri menjelaskan tentang uang elektronik yang saat ini tengah disosialisasikan oleh Bank Indoensia.

Asral juga mengapresiasi Al-Ihsan yang sudah mulai mulai proses elektronifikasi. Elektronifikasi ini adalah peralihan dari sistem pembayaran tunai ke non tunai. Elektronifikasi sendiri sudah berjalan di kantin-kantin dan 'kotak infak' masjid yang sudah bisa dibayarkan memakai QRIS.

"Jadi, ada dua jenis pembayaran, pembayaran tunai dan non tunai. Kalau tunai kan tinggal kasih uang aja, kalau non tunai ada jenisnya pula," kata Asral.

Pembayaran non tunai yang pertama ialah non tunai berbasis chip, dikatakan Asral merupakan alat pembayaran yang terbuat dari plastik dan didalamnya terdapat chip. Contohnya, BRI dengan produk Brizzi, BCA dengan produk BCA flash, dan produk lainnya.

Tapi jenis pembayaran ini dibatasi saldo maksimalnya, yakni hanya Rp 2 juta per-kartunya.

"Kenapa? Karena dia tidak pakai PIN, jadi dikhawatirkan nanti kalau hilang banyak kerugian. Ibaratnya ini dompet, kalau dompet hilang ya hilang semua uangnya, karena siapapun bisa memakainya," ujar Asral.

Selain pembayaran non tunai melalui kartu tadi, jenis lainnya adalah non tunai berbasis server.

Non tunai berbasis server ini dicontohkan Asral seperti OVO, Gopay, Dana, sakuku dan jenis lainnya yang bisa didownload aplikasinya melalui smartphone.

"Top up nya pun gampang, tinggal pakai mobile banking saja. Inilah hebatnya teknologi sekarang, kita semakin mudah. Cara bayarnya juga gampang, hanya pindai scan barcode karena dia sudah terhubung dengan kamera handphone," tuturnya.

Asral bahkan mencontohkan pembayaran melalui non tunai berbasis server ini, dimana ia memberikan sumbangan kepada masjid melalui aplikasi Gopay di hadapan ratusan santri Al-Ihsan.

"Sangat gampang, tinggal scan barcode, kemudian masukkan angkanya, kemudian uang secara otomatis masuk ke rekening penerima," tutupnya.

Adapun acara puncak pekan QRIS akan dilaksanakan iven Fun Walk QRIS pada tanggal 15 Maret 2020 yang akan di pusatkan di area car free day, samping Pustaka Wilayah Soeman HS, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru. 

 Iven utama yang dimulai pukul 06.00 s.d 09.00 WIB ini melibatkan seluruh staksholders, pemerintah daerah, anggota dewan, perbankan, masyarakat, pelaku UMKM. Fun Walk akan dihibur live performance yang menghadirkan penyanyi Indahkus dan MC sekaligus instruktur senam ternama, Maria Vania. 

BI menyiapkan T-shirt yang akan dibagikan gratis untuk 1.500 peserta. Peserta juga berkesempatan meminum secangkir kopi dengan harga hanya Rp1.