Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Menpar Luncurkan Kalender Iven Pariwisata Riau 2018

Festival-Bakar-Tongkang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Menteri Pariwisata, Arief Yahya telah meluncurkan Calendar of Events Riau 2018 di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata Jakarta pada awal pekan ini. Agenda ini juga dihadiri Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Peluncuran Kalender Iven Riau 2018 ini menargetkan kunjungan 60.824 wisatawan mancanegara (wisman) dan 6,55 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

Dikutip dari Diskominfotik.riau.go.id, Rabu 14 Februari 2018, Jumlah Calendar of Events Riau tahun 2018 sejumlah 67 Events. Dari jumlah itu, tiga iven masuk Top 100 Events Nasional.

Yakni Bakar Tongkang Rokan Hilir pada 29–30 Juni 2018, Pacu Jalur Kuantan Singingi pada 22–25 Agustus 2018, dan Festival Bono Pelalawan 24–25 November 2018.

"Launching event Pariwisata Riau ini merupakan wadah yang strategis dalam mempromosikan event tahunan yang akan diadakan di Provinsi Riau sepanjang tahun 2018. Terlebih Provinsi Riau telah memiliki tiga event internasional yang masuk dalam 100 Event Wonderful Indonesia 2018, diharapkan sebagai pemacu mendatangkan banyak wisman," ujar Arief.

Menpar juga mengucapkan Selamat, Riau menjadi Juara Umum API (Anugerah Pesona Indonesia) 2017. Pada saat menyampaikan sambutanya Menpar Arief juga menyambut baik transformasi Riau menuju Pariwisata.

"Riau Kaya Raya, memiliki komoditas yang berlimpah seperti Ikan (Bagansiapi-siapi), Minyak Bumi dan Gas (Dumai dan Siak), serta Kelapa Sawit. Ketika sedang kaya, investasi di industri baru menjadi sangat mudah yaitu Pariwisata," ujarnya.


Menurutnya, provinsi Riau beruntung, karena dekat dengan market. Pariwisata itu tentang Proximity dan Culture, Riau dekat dengan Singapura dan Malaysia.

"Dalam penyelenggaraan CEO harus menggunakan kurator, koreografer, desainer, arranger professional tingkat nasional dan akan dibantu Kemenpar," tegas Arief Yahya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, Provinsi Riau terus berbenah diri untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan. Ini akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian.

"Bumi Lancang Kuning bila selama ini identik dengan minyak bumi, ke depan ingin menjadi destinasi pariwisata andalan untuk mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Provinsi Riau memiliki potensi pariwisata yang besar. Namun masih terkendala oleh infrastruktur pariwisata yang belum optimal.

"Kami memerlukan investasi pariwisata, khususnya untuk membangun kawasan pariwisata di seputar objek wisata Bono, Pacu Jalur, maupun Bakar Tongkang yang kita jadikan sebagai event unggulan setiap tahun," tambahnya.

Acara launching ‘Calender of Event (CoE) 2018 Provinsi Riau’ mengangkat tema ‘Svara Jiva Riau Menyapa Dunia’ (makna Svara Jiva sesuatu yang kecil akan menjadi besar, tumbuh dan berkembang serta menjadi kuat), dimeriahkan tampilan koreografi peragawati berkolaborasi dengan kompilasi foto - video pariwisata unggulan. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id