Kamu Harus Tahu, Sungai Terdalam di Indonesia Ada di Riau Lho

Sungai-Siak.jpg
(Fahrezi Alwi/Shutterstock via Kumparan.com)


RIAU ONLINE - Dunia mengagumi Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman alamnya yang luar biasa. Gunung, hutan, laut, pantai, hingga sungai mampu menjadi daya tarik pelancong lokal maupun luar negeri.

Tapi tahukah kamu? Sungai terdalam di Indonesia berada di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau. Sungai dengan panjang 370 km ini melintasi Pekanbaru, Kampar, Bengkalis, Rokan Hulu dan Siak.

Dahulu, sungai ini memiliki kedalaman mencapai 30 meter. Tapi, karena adanya pendangkalan menyebabkan kedalam sungai ini berkurang yang kini hanya 18 meter.

Sungai Siak, sungai terdalam di Indonesia mengalami pendangkalan karena dulunya dilewati kapal besar seperti tanker dan peti kemas. Sebab, dahulu sungai ini menjadi jalur perdagangan dari Sumatera menuju pelabuhan antar-bangsa di Melaka.


Tak hanya itu, kapal cepat dan speed boat juga menjadi penyebab terjadinya abrasi di tepian Sungai Siak. Kini, kendaraan yang melintasi sungai ini sudah tidak sebanyak dulu lagi.

Sayangnya, belum ada yang menjelaskan terkait sejak tahun berapa sungai ini ada, karena keterbatasan informasi dan jejak sejarahnya. Tapi, menurut sejarah kuno Hindu-Buddha, seperti melansir Kumparan.com, Minggu, 22 Mei 2022, Siak sendiri merupakan kerjaan yang terletak di salah satu lokasi yang berada di sepanjang Sungai Siak.

Ternyata, sebelumnya Sungai Siak dikenal dengan nama Sungai Jantan. Perubahan nama sebagai Sunggai Siak diketahui setelah adanya perpindahan pusat pemerintah Kerajaan Sungai Siak dari kawasan Kuantan ke Siak.

Kata Siak sendiri sebenarnya punya banyak arti, yang mengatakan bahwa kata itu berasal dari Tapanuli Selatan yang berarti Pedas. Ada pula yang menyebut Siak sama seperti Suak yang artinya suatu tempat atau kampung yang dialiri anak sungai kecil.

Siak juga disebut berasal dari nama tanaman sejenis perdu yang tumbuh di aliran sungai tersebut. Tumbuhan itu disebut siak-siak yang oleh masyarakat sekitar dimanfaatkan sebagai obat-obatan dan wewangian.