5 Air Terjun di Kampar Ini Harus Kamu Kunjungi

Air-Terjun-Putri-Kayangan-Kampar.jpg
(Internet)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Apa yang biasanya yang kamu lakukan saat lelah dengan pekerjaan? Menikmati gemuruh air terjun mungkin menjadi salah satu pilihan tepat untuk “healing” sekedar melepas penat dari pekerjaan sehari-hari.

Di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau banyak sekali destinasi wisata alam air terjun yang harus kamu kunjungi bersama sahabat maupun keluarga. Setidaknya ada puluhan air terjun yang ada di Kampar yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati keindahan alam yang masih asri.

Berikut adalah wisata alam air terjun yang ada di Kampar bisa jadi pilihan untuk berlibur:

Air Terjun Alahan

Air terjun ini berlokasi di tepian hulu Sungai Kampar. Di sini terdapat beradam flora yang tumbuh subur. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 15 meter dengan pepohonan hijau dan bebatuan yang mengelilinginya.

Menariknya, di tempat ini kamu juga bisa menikmati arum jeram menggunakan perahu khusus untuk arung jeram. Sungai di bawah air terjun begitu menarik dan seru untuk diarungi.


Air Terjun Batu Hidung

Memiliki tinggi sekitar 20 meter, Air Terjun Batu Hidung berada di Desa Tanjung Kecamatan XIII Koto Kampar. Dinamai demikian karena bebatuan di air terjun ini berbentuk hidung berukuran raksasa.


Pepohonan yang ada di sekitar lokasi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kamu harus menyeberang menggunaka perahu milik warga untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini.


Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas terkenal sebagai air terjun paling tinggi yang ada di Riau. Ketinggian air terjun ini mencapai 150 meter. Berlokasi di Desa Lubuk Bigau, Kampar.

Tempat di sekitar air terjun ini juga masih sangat terjaga keasliannya. Keberadaan air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga dan juga banyak flora dan fauna yang hidup di kawasan ini. Di antara air terjun terdapat bukit yang tampak seperti ukiran. Ukiran tersebut membentuk sebuah relief yang garisnya terbuat dari lapisan batu.

 

Air Terjun Pulo Simo

Air Terjun Pulo Simo merupakan salah satu air terjun menawan yang juga wajib dikunjungi. Ketinggian air terjun ini mencapai 12 meter menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Banyak pengunjung yang berenang dan cliff jumping atau melompat dari tebing karena kedalaman kolamnya mencapai 5 meter.

Agar bisa sampai ke lokasi, kamu perlu berjalan kaki sekitar 300 meter dari lokasi parkir. Memang tidak mudah untuk sampai ke lokasi air terjun ini. Tapi semua itu terbayarkan dengan keindahan alam yang menakjubkan.


Air Terjun Putri Kayangan

Lokasinya terletak di Desa Tanjung dan dikenal dengan ‘surga tersembunyi’ karena keberadaannya yang sulit diakses. Siapapun yang ingin mengunjungi surga tersembunyi ini membutuhkan nyali dan perjuangan besar.

Rute yang bisa ditempuh para wisatawan maupun penduduk sekitar untuk bisa sampai di air terjun ini yakni melalui Desa Tanjung terlebih dahulu. Dari desa tersebut kemudian harus menaiki sampan lalu berjalan kaki untuk menyusuri jalan yang hanya setapak di pinggiran hutan dan juga pinggiran sungai berbatu.

Sesampainya di lokasi, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah. Air terjun ini memiliki dua aliran yang mengalir dan jatuh melalui dinding bebatuan. Pengunjung yang mahir berenang pun bisa menikmati segarnya air sambil melompat dari bebatuan di lokasi.