Tercatat, 58 Ribu Wisatawan Kunjungi Objek Wisata Siak

Wisatawan-Siak.jpg
(Hendra Dedafta/RIAUONLINE)

 

Laporan: Hendra Dedafta


RIAU ONLINE, SIAK - Objek wisata di Kabupaten Siak Kembali dibuka selama Libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah. Tercatat sebanyak 58 ribu pengunjung datangi objek Wisata di Siak.

Setelah hampir dua tahun Indonesia dilanda Pandemi covid-19 yang berdampak pada semua sektor, kini perlahan mulai bangkit tidak terkecuali sektor pariwisata di Kabupaten Siak.

Selama Libur Idul fitri 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi, ada sekitar 58 ribu wisatawan datang melancong ke Kabupaten Siak. Sejumlah objek destinasi wisata (ODW) yang menjadi target disambangi wisatawan sejarah, budaya, alam, religi, dan buatan.


Ada 15 destinasi wisata di Kabupaten Siak pada libur pekan lalu yang ramai dipadati pengunjung dari sejumlah daerah di tanah air untuk berekreasi.

"Istana Siak aja ada sekitar 23 ribu wisatawan yang datang berkunjung. Kemudian, baru disusul objek wisata lain seperti Embung Terpadu Desa Wisata Dayun 13 ribu wisatawan. Lalu Sigaran Jiwa juga dikunjungi 13 ribu wisatawan," ucap Kabid Pariwisata Kabupaten Siak Paula Chandra, Selasa (10/5/2022).

Dikarenakan jumlah kasus covid-19 melandai turun di saat liburan lebaran tahun ini, pemerintah pusat memberi kelonggaran untuk industri pariwisata di seluruh Indonesia sehingga sektor pariwisata kembali bergairah untuk bangkit.

"Kondisi ini tentunya patut kita syukuri, dengan diizinkannya objek wisata dibuka kembali, Tentu membawa dampak yang sangat positif bagi pelaku industri sektor pariwisata, Kita berharap kondisi ini dapat terus membaik," ujarnya.

"Istana Siak, Tangsi Belanda dan Rumah Datuk pesisir tetap akan buka sebagaimana biasanya pasca libur Idulfitri 1443 Hijriyah," sambungnya.

Berdasarkn data kunjungan wisatawan dari jumlah tiket masuk dan buku tamu di 15 objek wisata Kabupaten Siak sejak 3-8 Mei 2022, pengunjung terbanyak pertama adalah objek wisata Istana Siak. Kemudian Tangsi Belanda, Rumah Datuk Pesisir, Embung Desa Wisata Dayun, Sigaran Jiwa, Taman Rajawali, Piknik Village, Queen Water Park, Makam Sultan Syarif Kasim, Makam Koto Tinggi, Makam Raja Kecik, Makam Buang Asmara, Makam Tuk Antan Darah Putih, Makam Putri Kaca Mayang dan Kolam Hijau.(adv Pemkab Siak)