Aktual, Independen dan Terpercaya


346 Anggota Dewan Absen di Paripurna Pelantikan Wakil DPR RI

Pelantikan-Wakil-Ketua-DPR-RI.jpg
(Kompas)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Utut Adianto dilantik sebagai Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi PDIP dalam sidang paripurna, Selasa, 20 Maret 2018 siang tadi. Selain itu, juga dilakukan pelantikan terhadap 12 anggota pergantian antarwaktu (PAW) sisa waktu periode 2014-2019.

Namun sayangnya, dari 560 jumlah anggota dewan yang ada, terlihat di daftar hadir ada 346 anggota yang tidak hadir alias absen. Seperti dikutip dari Netralnews.com, dari 346 itu, 85 anggota meminta izin.

Sedangkan seluruh pimpinan DPR yakni Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama para wakilnya, Fahri Hamzah, Taufik Kurniawan, Fadli Zon, dan Agus Hermanto lengkap hadir. Rapat paripurna dipimpin oleh Fadli Zon.

Sidang paripurna ini dimulai pada pukul 14.55 WIB bertempat di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen. Sidang Paripurna DPR kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR bidang Polkam Fadli Zon dan dihadiri oleh empat pimpinan lain, Bambang Soesatyo (Ketua DPR), Agus Hermanto, Taufik Kurniawan, dan Fahri Hamzah.

Membuka rapat, Fadli menyatakan rapat paripurna terbuka untuk umum.

"Apakah acara rapat dapat disetujui?" kata Fadli.

Hadirin rapat pun menjawab. "Setuju."

Proses pelantikan dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan dihadiri oleh 259 anggota DPR. Kemudian diikuti dengan penandatanganan berita acara pembacaan sumpah oleh Utut.

"Saya berjanji memenuhi kewajiban saya debagai wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai peraturan perundang-undangan dan berpedoman pada Pancasila dan UUD RI 1945," ucap Utut saat pengucapan sumpah.

Dalam pelantikan tersebut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. PDI-P mendapatkan jatah satu kursi pimpinan DPR dan satu kursi pimpinan MPR setelah UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) berlaku. (1)

Berikut adalah daftar absensi paripurna hari ini:

Fraksi PDIP: 55 dari 109 anggota
Fraksi Partai Golkar: 35 dari 91 anggota
Fraksi Partai Gerindra: 30 dari 73 anggota
Fraksi Demokrat: 20 dari 61 anggota
Fraksi PAN: 20 dari 48 anggota
Fraksi PKB: 15 dari 47 anggota
Fraksi PKS: 15 dari 40 anggota
Fraksi PPP: 13 dari 39 anggota
Fraksi NasDem: 12 dari 36 anggota
Fraksi Hanura: 8 dari 16 anggota
Total yang hadir: 299 dari 560 anggota, 
Izin: 85 anggota

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id