Edy Natar Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila, Jokowi Sampaikan Pesan Ini

Edy-natar32.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022. Upacara ini dilaksanaka secara virtual di Gedung Daerah, Balai Serindit, Rabu, 1 Juni 2022. 

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membumikan Pancasila. Baik itu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

 

"Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua. Akan tetapi, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian,” katanya Rabu, 1 Juni 2022.

 

 

Hal ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Dalam sejarah Indonesia, bisa dilihat, bangsa dan negara tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila.

 

Lebih lanjut, Jokowi juga mengingatkan, kepada seluruh pihak untuk benar-benar mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Dalam memperjuangkan Pancasila, pihaknya mengajak untuk bersama-sama mengimplementasikan secara baik dalam tata kelola pemerintahan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa.

 

"Inilah tugas kita bersama. Tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," pungkasnya.

 


Dalam upacara hari lahir Pancasila, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengenakan setelan pakaian baju jurung, adat Melayu berwarna hitam dilengkapi kain songket emas yang membalut pinggang hingga ke bawah lutut.

 

Ma'ruf tampak khidmat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 di ruang tengah Kediaman Resmi Wapres. Turut mendampingi, Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin yang terlihat mengenakan kebaya putih dipadu kain selendang songket emas di pundaknya.

 

Saat upacara tersebut, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) bertindak selaku inspektur upacara dan yang bertindak sebagai perwira upacara Brigjen TNI Harfendi, sebagai komandan upacara adalah Kolonel Infanteri Tunjung Setyabudi.

 

Upacara ini diikuti oleh TNI-Polri, tenaga kesehatan dan juga pelajar. Secara virtual diikuti seluruh lembaga, kementerian, dan kepala daerah se-Indonesia.

 

Selanjutnya, secara virtual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertindak sebagai Pembaca Teks Pancasila, Sedangkan Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus sebagai Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945.

 

Upacara virtual tersebut kemudian ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Di Riau sendiri, turut hadir peringatan hari lahir Pancasila secara virtual Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, Dandrem 031/WB Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, Kepala Dinas Komunikasi Infomasi Statistik (Diskominfo) Riau Erisman Yahya dan undangan lainnya.