3 Makna Hari Lahir Pancasila yang Perlu Kamu Ketahui

Pancasila4.jpg
(Shutterstock)

Laporan Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Setiap tanggal 1 Juni masyarakat Indonesia memperingati hari lahir Pancasila. Sebelumnya, Hari Lahir Pancasila tidak rutin dirayakan setiap tahun.

Namun, pada akhirnya tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai peringatan sekaligus Hari Lahir Pancasila oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

 

Tanggal 1 Juni menjadi Hari Lahir Pancasila didasari pada momen Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara Indonesia.

 

Hari Lahir Pancasila perlu dimaknai secara khusus oleh masyarakat Indonesia. Sebab, momen ini merupakan peringatan bahwa para pahlawan berhasil menggali nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman bangsa Indonesia hingga kini.

 

 

Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada.

 

Selain itu, Hari Lahir Pancasila juga merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya untuk dibaca ataupun didengar, melainkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

 


Berikut makna Pancasila menurut para ahli:

 

1. Makna Pancasila menurut Ir. Soekarno

 

Pancasila merupakan jiwa Indonesia. Dengan demikian, Pancasila tidak hanya dasar negara, melainkan juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia.

 

2. Makna Pancasila Menurut MuhammadYamin

 

Pancasila berasal dari kata Panca artinya Lima dan Sila, artinya Sendi, Atas, Dasar atau peraturan tingkah laku yang baik dan penting.

 

Dengan demikian, Pancasila berarti dasar negara yang mengandung pedoman penting termasuk tingkah laku masyarakat Indonesia

 

 

3. Makna Pancasila Menurut Notonegoro

 

Pancasila merupakan dasar falsafah dan ideologi negara yang kelahirannya ditujukan untuk menjadi jalan hidup warga Indonesia.

 

Karena itu, Pancasila bisa menjadi pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia bila butir-butir Pancasila dilaksanakan oleh warga Indonesia.