Aktual, Independen dan Terpercaya


Giliran 6 Pasangan Calon Diperiksa IDI Riau

Pemilukada-Serentak_ilustrasi.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap enam pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari tiga Kabupaten, Siak, Pelalawan dan Indragiri Hulu, Rabu (29/7/2015), hari ini giliran Kabupaten Kuantang Singingi (Kuansing) dan Rokan Hulu.

 

Untuk Kabupaten Kuansing terdapat tiga pasangan calon, Ir Mardjan Ustha-Muslim S.Sos. Mantan Direktur di PTPN V RIau ini diusung PBB 3 kursi, PKB 3, dan PKPI 1 kursi dan total 7 Kursi.

 

Pasangan lainnya, Indra Putra ST-Konferensi. Pasangan ini diusung Nasdem dengan 3 kursi, PAN 3, Demokrat 3, dan Hanura 2 dan jumlah keseluruhan 11 Kursi.

 

Calon terakhir, Drs Mursini M.Si-H Halim. Mantan Wakil Bupati Kuansing periode 2006-2011 ini diusung PPP 4 kursi, Gerindra 3, dan PDIP 1 dengan keseluruhan kantongi 7 kursi.

 

(Klik Juga: IDI Keluarkan Rekom Layak atau Tidak Layak

 

Sedangkan untuk Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Rokan Hulu (Rohul) ada tiga pasangan calon telah mendaftar, di antaranya Hafith-Nasrul Hadi. Pasangan Wakil Bupati-Ketua DPRD Rohul ini diusung Demokrat 8 kursi, PKS 3, dan PKB 1 (12 Kursi).

 

Pasangan kedua, Suparman-Sukiman. Ketua DPRD Riau ini diusung Partai Golkar 7 kursi, Gerindra 5, Nasdem 4, dan Hanura 3 kursi (19 Kursi). Terakhir, Safaruddin Poti-Erizal. Anggota DPRD Riau ini didukung Koalisi Partai PDIP 6 kursi, PAN 4 (10 kursi).

 

(Klik Juga: IDI Riau Kerahkan 10 Dokter Spesialis

 

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Riau, Nuzelly Husnedi, Selasa (28/7/2015) mengatakan, masing-masing calon sudah harus tiba di RSUD pukul 07.00 WIB dan langsung melakukan briefing serta registrasi.

 

"Awalnya, pihak rumah sakit mengambil foto masing-masing calon lalu mereka mengisi formulir telah disediakan, lalu calon memasuki ruang pemeriksaan," tuturnya saat menjelaskan tahapan dilakukan saat pemeriksaan kesehatan.

 

Beberapa rangkaian tes berlangsung selama tujuh hingga delapan jam ini diawali dengan ambil darah, tes urin (termasuk pemeriksaan narkoba dan bekerja sama dengan RS Bhayangkara), serta USG dilakukan ketika perut para calon dalam keadaan kosong agar hasil lebih maksimal, tes psikotes dan treadmil.

 

(Klik Juga: Pecah Kongsi Pasangan Calon di Pemilukada Riau)

 

Setelah itu para calon mengikuti rangkaian pemeriksaan berikutnya yakni mata, THT, paru, EKG, dan penyakit umum lainnya. "Kita melihat data dari kondisi kesehatan mereka, apakah ada disabilitas (cacat) atau tidak," kata Nuzelly.

 

Untuk jadwal esok hari, 31 Juli 2015, dijadwalkan pemeriksaan kesehatan pasangan calon dari Kabupaten Bengkalis dan Rohil. Terakhir, 1 Agustus 2015, Kota Dumai jadi giliran terakhir.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline