Aktual, Independen dan Terpercaya


5 Cara Ini Ampuh Mengusir Lalat di Rumah Anda

lalat.jpg
(net)

RIAUONLINE - Setiap orang tentunya merasa risih dengan keberadaan lalat baik di rumah maupun di tempat lainnya. Terlebih di tempat makan terbuka, sudah tentu lalat senang hinggap dimakanan. Lalat dianggap sebagai hewan yang kotor karena membawa kuman.

Lalat sendiri merupakan serangga yang membawa kuman cukup banyak. Hewan ini bisa membawa sekitar 100 jenis kuman pada tubuhnya. Kuman-kuman yang menempel pada lalat bisa memicu penyakit seperti antaraks, tipus, tuberkolosis dan diare.

Bahaya Lalat Menurut Para Ahli

Lalat biasanya hadir di area dapur dimana banyak hal yang dapat memancing kehadiran serangga kecil ini. Biasanya lalat suka hinggap pada makanan atau buah yang tidak terlindungi atau tidak tertutup dengan rapi.

Menurut Peneliti di Penn State Eberly College of Science di Amerika Serikat, mereka menemukan bahwa lalat yang datang kerumah bisa membawa kuman dan bakteri seperti salmonella, e-coli dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit maag serta sepsis atau keracunan pada darah.

Menurut seorang profesor di Universitas Cornell bernama Dr. Jeff Scott mengatakan bahwa lalat dapat memindahlan bakteri pada tubuhnya tersebut dengan cepat ke dalam makanan yang di hinggapinya.
Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019) ada beberapa cara mengusir lalat di rumah dengan bahan-bahan alami dan praktis. Cara mengusir lalat di rumah ini bisa kamu lakukan dengan mudah untuk mengusir lalat-lalat yang berkeliaran di rumah.

1. Menggunakan tanaman pengusir seranggga

Lalat ternyata membenci beberapa tanaman dan buah. Kamu bisa letakkan tanaman ini di sudut ruangan di rumahmu agar lalat tak masuk kerumah.

Tanaman tersebut antara lain pandan, kemangi, lavender, salam, mint, tomat, marigold dan masih banyak lagi. Jadikan tanaman-tanaman tersebut sebagai tanaman hias. Tak hanya sebagai cara mengusir lalat di rumah, tanaman tersebut bisa menjadi pengharum ruangan alami.

2. Jeruk lemon dan cengkih

Cara mengusir lalat di rumah selanjutnya adalah menggunakan irisan jeruk lemon dan cengkih. Irisan jeruk lemon dan cengkih dapat mengusir lalat agar tak masuk ke dalam rumah. Hal ini karena lalat tidak menyukai aroma yang wangi.

Kombinasi antara irisan jeruk lemon dan cengkih bisa kamu coba sebagai cara mengusir lalat di rumah. Letakkan cengkih kering di atas irisan jeruk lemon pada kerumunan lalat.

3. Plastik yang berisi air

Kamu bisa menyiapkan plastik bening yang kemudian isi dengan air biasa. Lalu gantung pada tempat yang biasa menjadi kerumunan lalat d irumah. Cara mengusir lalat di rumah ini terbukti ampuh. Hal ini karena plastik bening berisi air akan mengelabui penglihatan dari lalat itu.

Lalat memiliki 3000-6000 mata pada setiap bulatan matanya. Menggantungkan plastik bening berisi air akan membuat lalat tak fokus pada satu titik sehingga lalat akan memilih untuk pergi menjauh. Disarankan menggunakan cara ini dalam ruangam yang memiliki cahya terang. Semakin terang semakin baik.

4. Cahaya lilin

Selain tidak suka dengan aroma wangi, lalat juga tak suka dengan kondisi ruangan yang banyak asap. Cara mengusir lalat di rumah dengan lilin sudah banyak dilakukan oleh orang-orang. Tak hanya di rumah, cara ini juga kerap dilakukan di tempat-tempat umum seperti rumah makan.

Api dengan hawa panas serta asap dari lilin bisa membuat lalat pergi menjauh. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyalakan lilin di tempat kerumunan lalat dan lalat akan langsung terbang pergi.

Kamu bisa menggunakan lilin biasa atau akan lebih baik jika kamu menggunakan lilin aroma terapi dengan wangi yang kamu sukai. Selain memberikan aroma pada ruangan, lalatpun tak akan datang ke rumah.

5. Perangkap lalat

Ada banyak cara mengusir lalat di rumah. Selain yang telah disebutkan diatas, kamu juga bisa menggunakan kertas perangkap lalat. Benda ini disebut flypaper. Flaypaper adalah kertas dengan lem aroma manis agar lalat terperangkap pada lem yang ada pada kertas tersebut.

Selain flaypaper, ada flywatters yang menggunakan listrik atau non-listrik sebagai cara mengusir lalat di rumah yang bisa kamu coba.

Cara-cara mengusir lalat di rumah pada penjelasan tadi bisa kamu coba agar lingkungan di rumahmu terbebas dari lalat. Tak lupa untuk selalu menutup makanan agar menjaga ebersihan makanan tersebut dari hinggapan lalat.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul : 5 Cara Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami Agar Terbebas dari Penyakit