Hepatitis A Rentan Terhadap Anak-anak, Begini Penjelasannya

Hepatitis2.jpg
((Elements Envato))


RIAUONLINE, PEKANBARU - Penyakit hepatitis akut dilaporkan terjadi pada anak-anak. Adapun rentang usia anak yang terkena penyakit ini beragam, mulai dari usia satu bulan hingga 16 tahun.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih. Dirinya menyebut bahwa kasus Hepatitis yang terjadi di pusat dinilai jenis Hepatitis A yang dapat menyebar melalui makanan.

"Makanya makanan itulah yang harus kita jaga, dipastikan bersih, harus dimasak, dibungkus, jangan dibuka, jangan dihinggapi lalat, jangan kena debu," jelasnya, Senin, 16 Mei 2022.

Menurutnya, Hepatitis A sangat rentan terhadap anak-anak. Hal itu dikarenakan banyak anak-anak yang tidak begitu memperhatikan kebersihan makanan.

Namun dirinya tidak menampik, kasus ini bisa terjadi kepada orang dewasa. Pasalnya, Hepatitis A ini bisa menyerang semua kelompok umur.


Zaini menambahkan, kasus Hepatitis ini memiliki banyak jenis, mulai dari Hepatitis A, B, C, D dan E. Dari masing-masing jenis tersebut, penyebaran virusnya berbeda-beda. Penyebaran bisa terjadi melalui darah hingga hubungan seks.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru memastikan tidak ada kasus Hepatitis yang menjangkiti masyarakat Pekanbaru, maupun di Provinsi Riau.

"Hepatitis belum ada dilaporkan, masih kasus yang di pusat. Belum ada di Pekanbaru di Riau, belum ada," ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya tetap mengingatkan masyarakat Pekanbaru untuk selalu waspada. Masyarakat diminta untuk selalu menjaga kebersihan dan memastikan makanan yang dimakan sehat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau Zainal Arifin mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah membentuk tim khusus untuk mengantisipasi penyebaran virus Hepatitis akut di Provinsi Riau.

"Itu nantinya ada tim khusus yang menentukan bahwa pasien tersebut benar terjangkit hepatitis akut berdasarkan hasil laboratorium," katanya, Selasa 10 Mei 2022.

Zainal menjelaskan, tim khusus ini terdapat di kabupaten/kota dan provinsi. Untuk di provinsi bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau.