3 Keuntungan Makanan Pedas Bagi Tubuh

makanan-pedas.jpg
(Net)

RIAUONLINE - Banyak orang sangat menggemari makanan pedas, apalagi di masyarakat Sumatera. Tidak jarang makanan yang disajikan bernuansa pedas. Tapi jangan kelewat pedas supaya menghindari masalah pada pencernaan. Namun banyak yang tidak menyadari ternyata makanan pedas itu sangat menguntungkan bagi tubuh.

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh, seperti dilansir dari laman Bustle yakni

1. Mengurangi keinginan konsumsi garam

Berdasarkan penelitian dari American Heart Association, menunjukkan bahwa semakin pedas Anda menikmati makanan, semakin Anda dapat melupakan garam.

Hal ini membuat kepekaan tubuh tetap merasa puas meski dengan sedikit garam. Sehingga dapat mengurangi ketergantugnan garam.

2. Membantu panjang umur

Mengonsumsi banyak cabai merah membuat orang cenderung menikmati masa hidup lebih lama, menurut data tahun 2017 dari Larner College of Medicine di University of Vermont. Hasil penelitian menemukan bahwa orang yang makan banyak cabai atau makanan pedas mengalami penurunan 13 persen kemungkinan kematian dini

Makan banyak cabai mampu melindungi diri dari serangan jantung dan stroke. Cabai juga mengandung sifat antimikroba yang baik untuk usus.

3. Merilekskan pembuluh darah

Kandungan zat capsaicin sangat baik untuk keseluruhan masa hidup. Ketika dicerna, zat tersebut tampaknya baik untuk aliran darah.

Pada 2010, Cell Press menerbitkan penelitian yang mengindikasikan bahwa zat capsaicin dalam cabai mengurangi tekanan darah. Sehingga membuat pembuluh darah lebih santai dengan memblokir gen yang cenderung membuatnya lebih tegang.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: Ini Manfaat Makanan Pedas yang Jarang Diketahui