4 Tips Mendapatkan Tidur Nyenyak Yang Berkualitas

Tidur.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Bagi sebagian orang sangat sulit rasanya mendapatkan tidur yang cukup nyenyak. Tidur nyenyak yang berkualitas sangat diharapkan banyak orang karena dianggap mampu menyegarkan badan.

Perlu diketahui bahwa tidur nyenyak dan berkualitas membuat proses regenerasi sel maksimal, sehingga tubuh akan terbangun dalam keadaan segar.

Hanya saja, tak semua orang bisa mendapatkan tidur yang nyenyak. Stres karena pekerjaan, penyakit yang dialami, atau kebiasaan tidur yang buruk bisa menurunkan kualitas tidur Anda.

Meski begitu, pakar mengatakan tidur nyenyak bisa didapat dengan mengubah perilaku tidur. Apa saja? Dilansir Mayo Clinic, berikut 4 langkah untuk mendapatkan tidur nyenyak.

1. Buat jadwal tidur

Idealnya, kebutuhan tidur orang dewasa adalah 7 sampai 8 jam. Untuk mendapatkannya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat jadwal tidur.

Caranya mudah, yakni dengan pergi tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari. Jika jadwal tidur sudah dibuat, niscaya tidur nyenyak akan Anda dapatkan.


2. Perhatikan makan dan minum

Apa yang Anda makan dan minum sebelum tidur memengaruhi kualitas tidur Anda. Tidur tidak akan nyenyak jika Anda makan dan minum terlalu banyak sebelum tidur.

Sebaliknya, risiko terbangun tengah malam juga tinggi apabila Anda tidur dalam keadaan lapar. Hindari pula nikotin, kafein, dan alkohol yang bisa mengacaukan pola tidur Anda. 3. Ciptakan kamar ideal

Kamar dengan suasana yang nyaman dan sejuk bisa membuat tidur Anda jadi lebih nyenyak. Sebaliknya, kamar yang berantakan dan panas membuat tidur tak nyaman, bahkan berisiko mengalami mimpi buruk!

Pastikan tidak ada televisi dan komputer di kamar tidur Anda. Penggunaan smartphone sebelum tidur juga sebaiknya dihindari, mengingat paparan cahaya biru dari smartphone bisa mengacaukan jam tubuh.

4. Kelola stres

Tak bisa tidur nyenyak karena stres dan banyak pikiran? Berarti kemampuan Anda mengelola stres belum optimal.

Coba tulis apa saja keresahan dan masalah yang Anda alami sebelum tidur. Pastikan juga jadwal aktivitas esok hari sudah tersusun dengan baik, dan tak ada pekerjaan yang tertinggal.

Melakukan hal-hal ini bisa meredakan cemas sehingga stres berkurang, dan Anda pun bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Ingin Tidur Nyenyak? Ikuti 4 Langkah Berikut Ini