Ini Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Sehari Bagi Tubuh

jalan-kaki-bagi-tubuh.jpg
(Net)

 

RIAUONLINE - Anda tidak perlu melakukan olahraga cukup berat untuk menjaga kebugaran badan. Cukup dengan jalan kaki 30 menit perhari saja, dinilai cukup banyak manfaat bagi tubuh.

Untuk menjalankan gaya hidup sehat dan aktif, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarakat untuk berolahraga minimal 30 menit per hari. Dilansir Shape, berikut 6 manfaat kesehatan jalan kaki 30 menit:

1. Bakar 150 kalori

Berapa banyak kalori yang terbakar saat olahraga memang ditentukan oleh intensitas olahraga dan berat badan seseorang. Namun menurut studi, rata-rata seseorang bisa membakar hingga 150 kalori jika berjalan kaki 30 menit dengan kecepatan sedang.

2. Bikin rileks

Jalan kaki juga baik untuk kesehatan jiwa. Jalan kaki 30 menit, baik di taman kota ataupun trotoar rindang, bisa membuat tubuh lebih rileks dan pikiran lebih tenang.

3. Mencegah varises

Percaya atau tidak, varises di kaki bukan muncul karena olahraga yang terlalu berat. Justru, olahraga rutin secara teratur seperti jalan kaki mampu mencegah munculnya varises.

4. Memperlancar proses pencernaan

Jalan kaki 30 menit setelah makan besar, baik untuk perut. Dengan berjalan kaki, usus dan saluran cerna ikut mendapat manfaat, sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal.

5. Lebih kreatif

Sedang buntu dan tak ada ide? Jalan kaki saja.

Berjalan kaki 30 menit mampu membuat aliran darah ke otak maksimal sehingga ide lebih mungkin muncul. Berjalan kaki juga membuatmu mampumelihat situasi baru, yang bisa berperan dalam kemunculan ide.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Jalan Kaki 30 Menit, Ini 5 Manfaat Kesehatan yang Didapat