Aktual, Independen dan Terpercaya

Ibu Hamil, Kurangilah Minum Kopi Jika Tidak Ingin Seperti Ini

Ibu-Hamil.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Sebuah studi menyebutkan, sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi kopi saat dalam keadaan hamil. Wanita hamil yang minum kopi dua cangkir sehari 60 persen kemungkinannya membuat bayi dikandungnya mengalami leukimia.

 

Akademisi mengatakan, pemerintah harus mengeluarkan peringatan kepada wanita hamil untuk membatasi asupan kopi. Karena selama ini, mereka hanya diingatkan agar menghindari alkohol dan berhenti merokok.

 

Mereka berpikir kafein dapat merubah DNA dalam sel-sel janin dan membuat mereka lebih rentan terhadap perkembangan tumor.

 

Para ahli meneliti lebih dari 20 studi dan menemukan bahwa bayi yang lahir dari perempuan yang minum kopi selama kehamilan, 20 persen berisiko terkena leukimia. Tapi bila mereka minum lebih dari dua cangkir sehari, resikonya naik menjadi 60 persen.

 

Apalagi bagi mereka, wanita yang kecanduan kopi dan minum lebih dari empat cangkir sehari kemungkinan leukimia meningkat jadi 72 persen. Hal tersebut diterbitkan dalam American Journal of Obstetri dan Ginekologi. Sekitar 500 anak di Inggris didiagnosis dengan leukimia setiap tahun dan itu jauh dari jumlah kanker pada anak.

 

KLIK: Pemprov Sebut Riau Aman dari Vaksin Palsu

 

Untungnya, bila sudah terdeteksi cukup dini, masih bisa diobatin dengan tari kemoterapi dan kelangsungan hidup sekitar 80 persen. Studi ini menyimpulkan bahwa konsumsi kopi selama kehamilan dapat meningkatkan resiko leukimia.

 

Denis Henshaw, profesor Emeritus Professor of Human Radiation Effects at Bristol University mengatakan bahwa ia tidak berpikir perempuan harus meninggalkan kopi saat kehamilan, namun ini sebagai tindakan pencegahan mereka dalam pembatasana supan

 

BACA: BPOM Umumkan Riau Terindikasi Terpapar Vaksin Palsu

 

"Ini bisa menjadi kurang dari dua cangkir sehari atau bahkan hanya sekali," katanya. Sebagaimana dilansir dari laman CNN Indonesia. 

 

Ia sangat terkejut dengan temuannya. Lanjutnya, insiden leukimia terus meningkat dalam beberapa dekade terakhir. NHS menyarankan ibu hamil membatasi diri untuk 200 miligram kafein sehari atau setara dengan satu setengah cangkir kopi.