Tak Hanya The Doctor, Ini Sederet Pebalap MotoGP Terbaik Sepanjang Massa

MotoGP-20161.jpg
(REUTERS)

RIAU ONLINE - Maverick Vinales, pebalap Movistar Yamaha, tengah menjelma sebagai bibit kehebatan di ajang balapan bergengsi itu. Pebalap 22 tahun asal Spanyol itu sejak memulai debutnya dengan Yamaha sudah menjuarai MotoGP Qatar dan Argentina.

Sejak digelar pada 1964 silam, MotoGP telah melahirkan pebalap terhebat sepanjang masa. Siapa saja? Berikut sederet pebalap hebat sepanjang masa, dilansir dari Liputan6.com.

Mike Hailwood

Pebalap berkebangsaan Inggris ini sukses mengoleksi 4 gelar juara pada MotoGP atau kelas 500 cc sepanjang 1961 hingga 1967. Sebelumnya, Haiwood telah menoleksi dua kali juara di kelas 350 cc dan tiga kali di kelas 250 cc. Artinya, sepanjang karirnya ia telah mengoleksi 9 gelar.

Baca Juga: Rossi Mundur, MotoGP Kehilangan Segala-Galanya

Hasil gambarThe Independent

Prestasinya ini membuatnya boleh dinobatkan sebagai pemain terbaik. Pembalap berjulukan 'Mike The Bike' ini juga dikenal sebagai pembalap serba bisa. Dia bahkan pernah menjajal Formula 1, meski tidak diseriusi. Sayang, dia meninggal karena kecelakaan mobil pada usia 40 tahun.

Michael Doohan

Di bawah naungan Repsol Honda, pebalap asal Australia ini dikenal sebagai pebalap MotoGp fenomenal. Doohan sukses meraih lima gelar secara beruntun dari 1994 sampai 1998. Bahkan, belum ada yang dapat melampau atau sekedar menjejaki torehan fantastis Doohan hingga kini.

Gambar terkaitSunshine Coast Daily

Doohan sangat mengenal motor yang dikendarainya. Ia juga sangat paham dengan mesin 500 cc yang turut membantu penampilannya di sirkuit. Sayangnya, pada 1999 ia harus mengakhiri karir fantastisnya setelah kecelakaan menimpanya.


Klik Juga: Inilah Julukan-Julukan Valentino Rossi

John Surtees

Sebelum Mike Hailwood, John Surtess adalah nama pebalap yang melesat pada 1956-1960. John sukses menorehkan 4 gelar dalam kejuaraan di kelas 500 cc. Ia juga merebut gelar juara 350 cc sebanyak 3 kali sehingga genap koleksi 7 gelar di semua kelas.

Hasil gambarCarpy's Cafe Racers

 

Seperti Hailwood, John juga terjun di Formula 1. Hebatnya, Surtees sukses menjadi juara F1 pada 1964. Dia tercatat menjadi pembalap satu-satunya yang bisa menang di MotoGP dan F1.

Giacomo Agostini

Hasil gambar

MotorLands.eu

Selama karirnya dari 1966-1975, Giacomo Agostini telah merebut 15 gelar juara di semua kelas. Sebanyak 8 kali menjuarai kelas 500 cc dan 350 cc sebanyak 7 kali. Ia juga mengoleksi 122 kemenangan di MotoGP.

Lihat Juga: Inilah Fakta Unik Sang The Doctor, Valentino Rossi

Valentino Rossi

Kehebatan Valentino Rossi sulit untuk dideskripsikan. Pebalap asal Italia ini telah dikenal sebagai legenda MotoGP karena konsiten membalap hingga kini berusia 38 tahun. Sepanjang karirnya dari 1997-2009, pebalap berjulukan The Doctor ini telah menorehkan 7 gelar MotoGP.

Rossi kemudian memutuskan pindah ke Ducati, namun karirnya malah mandek. Setelah kembali ke Yamaha, Rossi belum berhasil lagi menjadi juara. Prestasi terbaiknya menjadi runner up tiga kali pada 2014,2015 dan 2016.

Valentino Rossi_The Doctor

Selain MotoGP, Rossi menjadi juara Moto2 dan Moto3 satu kali. Dia hinga saat ini sudah rebut 9 gelar dan masih terus mengejar gelar ke-10nya.

Lalu, mungkinkah Rossi merampungkan targetnya di musim ini? Atau bahkan menjejaki rekor yang ditorehkan Giacomo Agostini, yang hingga kini masih tercatat sebagai pebalap terhebat sepanjang masa?

Simak berita MotoGp lainnya dengan klik di sini.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline