5.000 Wisatawan Padati Skywalk Tengku Buwang Asmara di Hari Kedua Lebaran

Wabup-Siak-di-skywalk.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK - Ribuan pengunjung dari dalam dan luar daerah memadati objek wisata baru di Kabupaten Siak, Skywalk Tengku Buwang Asmara yang berada di Kecamatan Mempura, Siak Sri Indrapura, Rabu, 26 April 2023.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza, sempat melakukan peninjauan di sejumlah titik destinasi yang ada di Siak, dimulai dari Istana Siak, Tepian Sungai Jantan dan Skywalk Tengku Buwang Asmara.

“Saya memonitor secara langsung bagaimana pergerakan sektor wisata yang ada di Kota Siak selama masa libur lebaran ini. Alhamdulilah, sejumlah tempat wisata di Siak sangat ramai, penuh dengan pengunjung dari dalam dan luar Kabupaten Siak,” kata Husni.

Skywalk Tengku Buwang Asmara menjadi satu dari objek wisata yang dipadati wisatawan. Hingga di hari kedua Lebaran, Minggu, 23 April 2023, pukul 15.00 WIB, terhitung 5 ribu orang berkunjung ke objek wisata baru ini

“Dengan bergeraknya tempat wisata di Siak khususnya libur lebaran, terjadi pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan pekerjaan. Tentu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat yang berada di dekat dengan destinasi wisata,” sebutnya.


Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa, melalui Kepala Bidang Destinasi Wisata, Paula Chandra, mengatakan jumlah pengunjung hingga hari keempat lebaran di setiap tempat wisata di Kabupaten Siak terus mengalami peningkatan jumlah kunjungan.

“Untuk skywalk saja, di hari kedua lebaran sampai dengan pukul 3 sore  yang terhitung saja terjual 5 ribu tiket, sampai dengan hari keempat lebaran jumlah pengunjung di skywalk terus bertambah,” kata Paul.

Paula Chandra, menambahkan petugas pengelola Skywalk Tengku Buwang Asmara sempat kewalahan menghadapi ribuan pengunjung yang ingin naik ke jembatan kaca itu. Petugas terus mengimbau pengunjung tidak duduk di lantai kaca dan berlama-lama di atas jembatan kaca.

“Kami kewalahan, mengatur ribuan pengunjung yang antrean di meja tiket, dan di pintu masuk skywalk, kita menggunakan pengeras suara mengatur pengunjung tidak berlama-lama di atas jembatan kaca, dan bagi yang membawa anak selalu diawasi anaknya” kata dia. 

“Karena skywalk ini memiliki keunikan tersendiri, masyarakat baik yang berasal dari dalam dan luar Kabupaten Siak, penasaran ramai-rama ingin naik di siang hari, dan jelang malam ingin melihat indahnya Kota Siak di malam hari di atas jembatan kaca,” sambung Paul.

Dari data yang diperoleh RIAU ONLINE, jumlah kunjungan libur lebaran tahun 2023 untuk tanggal 23 April 2023; Istana Siak berjumlah pengunjung 5.050 orang, Tangsi Belanda 77 orang, Rumah Datuk Pesisir 993 orang, Skywalk TBA  9.932 orang, Embung Terpadu Dayun 1.269 orang, Taman Tengku Agung 3.048 orang, Taman Rusa 914 orang, Bandar Tepian Sungai Jantan 4.064 orang, Makam SSK 80 orang, Taman Rajawali 91 orang, Makam Koto Tinggi 4 orang, Queen Star water Park 411 orang total keseluruhan jumlah pengunjung 25.963 orang.