Skywalk Tengku Buwang Asmara Dibuka di Hari Pertama Idul Fitri

Bupati-dan-Wabup-siak-di-skywalk.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK - Wakil Bupati Siak, Husni Merza, memimpin rapat teknis persiapan pembukaan Skywalk Tengku Buwang Asmara bersama sejumlah OPD terkait, Rabu, 12 April 2023. Rapat ini digelar untuk mengantisipasi membludaknya kunjungan di tempat wisata baru di Kabupaten Siak tersebut.

Rencananya Skywalk Tengku Buwang Asmara yang berada di Kecamatan Mempura dibuka pada hari pertama Idul Fitri 1444 H, 22 April 2023, dengan jam operasional dari pukul 10.00 WIB - 22.00 WIB.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza,mengatakan untuk membuka destinasi Skywalk Tengku Buwang Asmara pada cuti bersama dan libur hari raya idul fitri 1444 H, dibutuhkan persiapan dari masing-masing OPD terkait. Karena kata dia, ribuan orang diprediksi berkunjung ke Skywalk Tengku Buwang Asmara, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Siak.

“Yang harus kita siapkan, mulai dari ketersediaan lahan parkir kendaraan roda dua dan roda empat. Pengamanan baik di Anjungan Datuk Pesisir pintu naik dan Anjungan Datuk Kampar pintu turun. Keamanan di atas Skywalk, tempat penjualan tiket masuk termasuk juga yang harus diperhatikan kebersihan dan keamanan lokasi wisata,” ujar Wabup Husni, di Ruang Rapat Zamrud Komplek Perumahan Abdi Praja.

Wabup Husni menambahkan, dengan dibuka kembali Skywalk Tengku Buwang tentu akan menambah jumlah kunjungan wisata di Kota Siak, apalagi saat suasana liburan Idul Fitri 1444 H.

"Masyarakat sekitar harus bisa memanfaatkan momen ini, dengan menjual makanan dan minuman serta produk UMKM. Sehingga menambah pemasukan ekonomi keluarga,” kata Husni.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Kawasan Permukiman (PU Tarukim) Siak, Irving Kahar, mengatakan masyarakat sangat antusias dan mulai menanyakan jadwal dibukanya kembali Skywalk Tengku Buwang Asmara. 


"Masyarakat sangat antusias, mereka sudah mempersiapkan pemasangan kios-kios dan lain sebagainya. Tentunya kita harus bersiap, dan bersama-sama menjadikan Siak ini sebagai destinasi wisata khususnya Dinas Pariwisata, dan ini harus kita kembangkan,” sebutnya.

Kadis Irving menambahkan ketentuan lainnya, batas maksimum pengunjung yang diizinkan pada area kaca dalam waktu yang bersamaan adalah 50 orang, dan batas maksimum pengunjung yang diizinkan berdiri di atas permukaan kaca secara bersamaan adalah 2 orang. Untuk setiap satu segmen kaca yang berukuran 1 meter x 1 meter dengan maksimum beban 200 kg.

“Jadi maksimal kapasitas pengunjung berada di atas Skywalk Tengku Buwang Asmara maksimal 50 orang per segmen. Sementara untuk setiap satu segmen kaca yang berukuran 1 meter x 1 meter dengan maksimum beban 200 kg,”ujar Irving.

Irving menyebut yang pertama kali harus dipersiapkan adalah alur masuk, pintu masuk yang dimulai dari jalan simpang caltex. Kemudian jalan itu akan dilebarkan supaya nantinya jalan tersebut betul-betul lancar. Selanjutnya tempat parkir, dan harga tiket masuk Rp 10 ribu.

"Untuk menunjang, akses ke area Skywalk Tengku Buwang Asmara ini sudah kita lebarkan. Kemarin saya minta ke Dishub agar memasang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), di sepanjang jalan area Skywalk," ucap Irving.

Kemudian pihaknya juga telah menyiapkan, kantong parkir untuk pengunjung yakni tidak jauh dari pintu masuk Skywalk dan pintu keluar.

"Namun masyarakat juga dibolehkan mengelola parkir di halaman rumah atau kantong-kantong parkir yang lain, asal sesuai dengan ketentuan Dishub. Kami tegaskan jangan ada retribusi parkir di atas Perbup," pinta Irving.

Rapat tersebut diikuti, Kepala Dinas Pariwisata, Perwakilan Dinas Perhubungan, Kepala Bagian Hukum Setda kabupaten Siak, Perwakilan Kakan Satpol PP dan Dinas BKD.