Pekan Ini, Harga Pinang Kering dan Kopra di Riau Turun

Pinang5.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Perkebunan mendata harga komoditas perkebunan yakni pinang kering dan kopra mutu kering di provinsi Riau mengalami penurunan harga pada pekan ini. 

 

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja mengatakan saat ini pinang kering berada pada level Rp4.780 per Kg nya atau turun Rp910 per kg. 

 

"Harga tersebut berlaku di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti," ujarnya, Kamis 11 Januari 2024. 

 

"Disusul harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp5.200/kg atau turun dari harga minggu lalu," tambahnya. 

 

Sedangkan, harga untuk produk komoditi perkebunan lainnya di Provinsi Riau, seperti kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti untuk periode minggu ini naik menjadi Rp2.850kg.


 

Lalu, ada tepung sagu basah sebesar Rp2.400/kg di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti yang juga ikut naik. 

 

"Untuk harga Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota ditingkat petani/KUB Kabupaten Kampar sebesar Rp10.500/kg," paparnya.

 

Sementara, menyinggung soal cuaca musim hujan yang diperkirakan mempengaruhi harga perkebunan, Defris menyebut belum ada  regulasi yang mengatur perhitungan tersebut. 

 

"Masih mengikuti mekanisme pasar saja. Terkait harga yang kita rilis tiap minggu merupakan hasil laporan dari petugas informasi pasar kita yang ada di kabupaten," pungkasnya.