14 Desa di Bengkalis Belum Terhubung Internet, Kemenkominfo Turun Tangan

Internet2.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Menteri Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI Budi Arie sikapi soal beberapa daerah di Riau yang belum terjamah internet. Apalagi, ia berharap agar desa-desa saat ini sudah masuk tersistem secara digital.

Pasca kunjungan ke Desa Kesumbo Ampai, Kacamatan Bathin Solapan, Bengkalis pada Kamis, 24 Agustus 2023, ia pun berujar akan segera membangun jaringan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI).

 

Nantinya, akan ada 14 desa yang dibangun jaringan infrastruktur TIK di Bengkalis dan sekitarnya. Itu terdapat di empat kecamatan diantaranya Kecamatan Talang Muandau, Bengkalis, Bantan, dan Kecamatan Siak Kecil.

 

"Digitalisasi bisa merambah ke pelosok-pelosok desa yang ada di Riau. Karena, tidak mungkin kemajuan nasional tanpa mengikutsertakan pedesaan," terangnya.

 

Adanya covid-19 juga menjadi suatu hal siapapun itu dipaksa melek teknologi. Posistifnya saat ini bisa menunjang roda perekonomian.

 


Sementara itu, kunjungannya yang berlangsung selama dua hari pada Kamis dan Jumat pekan ini, ia menyebut telah menyerahkan secara simbolis bantuan jaringan internet yakni modem ke 5 desa dari 25 desa yang ada di empat kecamatan.

 

Desa tersebut di antaranya Desa Ketam Putih, Desa Muara Basung, Desa Kesumbo Ampai, Desa Tasik Serai, dan Desa Muara Dua.

 

 

Budi berharap penyerahan perangkat modem dari Telkomsel ke 25 desa dapat menjadi pemantik kolaborasi lintas sektor, sekaligus pembangkit pertumbuhan kualitas SDM ekonomi digital.