Pertengahan Mei, Pendaftar Subsidi Tepat di Riau 136 Ribu Kendaraan

Pertamina-Patra-Niaga.jpg
(Riau Online/Haslinda)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut mendata hingga pertengahan Mei 2023, jumlah pendaftar yang telah mendapatkan QR Code Subsidi Tepat mencapai 136 ribu kendaraan di Riau. 

Sales Area Manager Retail Riau Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Mahfud Nadyo mengatakan dengan hadirnya Program Subsidi Tepat ini pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi menjadi lebih tepat sasaran.

"Terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung dan melakukan registrasi Program Subsidi Tepat," ujarnya saat melakukan peninjauan di SPBU Imam Munandar, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa 16 Mei 2023

Diungkapkan Mahfud, untuk pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus berlangsung. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website subsiditepat.mypertamina.id, aplikasi MyPertamina atau datang langsung ke SPBU.

"Sistem telah tersinkronisasi dengan baik, sehingga tak butuh waktu lama untuk melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat ini. Pendaftarannya pun tidak susah, dokumen-dokumen yang digunakan juga dokumen standar," jelasnya.

Lanjut Mahfud, adapun cara bertransaksi di SPBU untuk produk Biosolar yaitu konsumen menyiapkan QR Code yang telah didapatkan dari website subsiditepat.mypertamina.id, lalu menunjukkan QR Code tersebut kepada petugas SPBU (bisa melalui handphone atau yang sudah dicetak).

Kemudian, petugas akan mengisi BBM subsidi sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang didaftarkan dan konsumen dapat melakukan pembayaran secara tunai (cash) atau non tunai (kartu kredit/debit).


"Silahkan menunjukkan kode QR kepada operator SPBU saat ingin melakukan pembelian BBM bersubsidi. Transaksi pembayarannya bisa melalui tunai dan non tunai," kata Mahfud.

Kendati demikian, Mahfud mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan BBM subsidi dengan bijak, jangan menimbun dan jangan menjual kembali BBM subsidi karena merupakan tindakan pidana.

Sementara, Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Susanto August Satria menambahkan hingga saat ini transaksi pembelian Biosolar menggunakan QR Code Subsidi Tepat telah mencapai 95 persen. Dengan rata-rata 30 ribu hingga 40 ribu transaksi per hari di Riau

"Jadi tersisa 5 persen, maka dari itu kita dorong untuk mendaftar. Nanti ketika ini full dilakukan sudah tidak ada lagi yang tidak punya QR Code. Jika belum juga maka tidak akan kita layani, kita arahkan ke BBM Nonsubsidi. Jadi untuk masyarakat yang berhak silakan mendaftar segera," imbuhnya

Pertamina Patra Niaga akan terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, satu diantaranya melalui program digitalisasi SPBU. Dengan adanya program digitalisasi SPBU, maka Pertamina Patra Niaga dapat memantau stok BBM, penjualan BBM dan transaksi pembayaran.

Sebelumnya, implementasi penerapan transaksi BBM Solar subsidi menggunakan QR Code Subsidi Tepat di Riau ini sejak 28 Maret 2023 lalu. Ketentuan untuk pengguna yang berhak membeli BBM Subsidi telah diatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM.

Selain itu, terdapat Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2020 tentang Pengendalian Penyaluran JBT oleh Badan Usaha Pelaksana Penugasan Pada Konsumen Pengguna Transportasi Kendaraan Bermotor untuk Angkutan Orang atau Barang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Subsidi Tepat, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga,  @mypertamina, dan @pertamina_sumbagut.