Daftar 6 Kru Kapal SB Evelyn Calisca 01 yang Ditahan Polisi

Kapal-tenggelam3.jpg
(Dok Basarnas Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebanyak enam orang kru kapal dari SB Evelyn Calisca 01 diamankan Polda Riau, Jumat, 28 April 2023.

 

Ke enam kru tersebut diduga jadi penyebab terbaliknya kapal SB Evelyn Calisca 01 yang menewaskan belasan penumpang di Perairan Sei Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. 

 

Enam orang yang diamankan tersebut masing-masing berinisial SA sebagai Nahkoda kapal, A penanggung jawab kapal, BP, H, A, dan S sebagai anak buah kapal (ABK).

 

"Saat ini, Nahkoda dan 5 ABK dalam pemeriksaan Polda Riau dan Polres Inhil," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya, Sabtu, 29 April 2023.

 

"Sesuai dengan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) kapal dengan Nahkoda Sahran dan 5 ABK membawa 51 penumpang dengan rincian 45 Dewasa dan 6 penumpang Anak-anak," lanjut Nandang. 

 

Saat kapal bersandar di Pelabuhan Sei Guntung, Kapal SB Evelyn Calisca 01 menambah 6 orang penumpang dan melakukan pergantian Nahkoda dari Sahrani ke Acok. 


 

"Karena Sahrani istirahat makan siang, Acok ambil kendali nahkodai kapal SB Evelyn Calisca 01."

 

"Setelah 15 lepas dari sandaran, kapal SB Evelyn Calisca 01 yang dibawa Acok menabrak kayu yang mengapung hingga akhirnya terbalik," tutupnya. 

 

Diketahui, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal akan memberikan tindakan tegas kepada pihak Kapal jika ada unsur melawan hukum atau overload (kelebihan kapasitas) kapal pada insiden Kapal terbalik di Perairan Indragiri Hilir, Kamis, 27 April 2023.

 

 

Menurut Iqbal, dirinya akan melakukan proses hukum jika ditemukan adanya unsur kelalaian pihak Kapal. 

 

"Bila ada hal yang mengakibatkan perbuatan melawan hukum atau overload akan kitab tindak tegas dan proses hukum kepada awak kapal," tegas Irjen Iqbal, Jumat, 28 April 2023.