Nahkoda dan 5 ABK Kapal SB Evelyn Calisca 01 Diamankan Polisi

Irjen-Mohammad-Iqbal62.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Buntut dari tenggelamnya Kapal SB Evelyn Calisca 01 di Perairan Sei Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis, 27 April 2023, Polda Riau mengamankan Nahkoda dan 5 ABK. 

 

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya mengatakan 6 orang tersebut masih dalam pemeriksaan. 

 

"Saat ini, Nahkoda dan 5 ABK dalam pemeriksaan Polda Riau dan Polres Inhil," ujar Kombes Nandang, Sabtu, 29 April 2023.

 

Lebih lanjut, penyebab kecelakaan kapal tersebut bermula saat Nahkoda kapal SB Evelyn Calisca 01 berganti dan menambahkan 6 penumpang lainnya. 

 

"Saat kapal bersandar di Pelabuhan Sei Guntung, Kapal SB Evelyn Calisca 01 menambah 6 orang penumpang dan melakukan pergantian Nahkoda dari Sahrani ke Acok."

 


"Karena Sahrani istirahat makan siang, Acok ambil kendali nahkodai kapal SB Evelyn Calisca 01."

 

Setelah 15 lepas dari sandaran, kapal SB Evelyn Calisca 01 yang dibawa Acok menabrak kayu yang mengapung hingga akhirnya terbalik. 

 

Sebelumnya, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal akan memberikan tindakan tegas kepada pihak Kapal jika ada unsur melawan hukum atau overload (kelebihan kapasitas) kapal pada insiden Kapal terbalik di Perairan Indragiri Hilir, Kamis, 27 April 2023.

 

 

Menurut Iqbal, dirinya akan melakukan proses hukum jika ditemukan adanya unsur kelalaian pihak Kapal. 

 

"Bila ada hal yang mengakibatkan perbuatan melawan hukum atau overload akan kitab tindak tegas dan proses hukum kepada awak kapal," tegas Irjen Iqbal, Jumat, 28 April 2023.