Kapal SB Evelyn Calisca 01 Terbalik usai Ganti Nahkoda

Irjen-Mohammad-Iqbal72.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kapal Speed Boat (SB) Evelyn Calisca 01 sempat mengganti Nahkoda dari Sahran ke Acok hingga akhir terbalik di Pelabuhan Sei Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis, 27 April 2023.

 

Hal ini terungkap usai Polres Inhil melakukan sejumlah penyelidikan dan meminta keterangan dari beberapa orang saksi. 

 

"Usai menambah penumpang sebanyak 6 orang, Kapal SB Evelyn Calisca 01 juga berganti Nahkoda dari Sahran ke Acok di Pelabuhan Sei Guntung," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya, Jumat, 28 April 2023.

 

Alasan kapal SB Evelyn Calisca 01 berganti Nahkoda kata Kombes Nandang, Nahkoda pertama Sahran saat itu tengah istirahat makan siang.


 

"Nahkoda pertama saat di Tembilahan Sahran ingin istirahat makan siang, hingga akhir digantikan Acok. Berselang 15 menit, kapal yang dibawa Acok menabrak kayu mengapung hingga akhirnya terbalik," tutup Nandang. 

 

Sebelumnya, Informasi terbaru jumlah korban meninggal pada insiden kapal SB Evelyn Calisca 01 terbalik di Perairan Gunung Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Jumat, 28 Oktober 2023 sebanyak 11 orang. 

 

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya mengungkapkan, Tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi 58 orang penumpang selamat dan 11 korban tewas.

 

 

"Penumpang yang selamat berjumlah 58 orang, 11 orang dinyatakan meninggal dunia dan 9 lainnya masih dalam pencarian. Seluruh jenazah korban telah berada di RSUD Raja Musa," ujar I Nyoman, Jumat, dinihari. 

 

Diungkap Nyoman, 9 korban yang masih dalam pencarian identitasnya belum diketahui. Untuk sementara Tim Rescue Pos SAR Tembilahan sedang melakukan koordinasi dengan pihak terkait demi memastikan jumlah penumpang.