Bupati Meranti Kena OTT KPK, Hari Ini Wakil Bupati Menghadap Gubernur

Wabup-meranti2.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada pejabat di Kabuupaten Kepulauan Meranti, Riau. Salah satu pejabat yang diamankan pada Kamis, 6 Maret 2023 yakni Bupati Meranti, Muhammad Adil.

 

Gubernur Riau Syamsuar selaku pejabat tinggi di Bumi Lancang Kuning, dalam hal ini menyerahkan penuh kepada KPK. "Kita serahkan ke KPK," katanya pada Jumat, 7 April 2023.

 

Disinggung menyoal pemerintahan di Kota Sagu, Syamsuar menjelaskan tetap berjalan sebagaimana mestinya. "Wakil bupati (Kepulauan Meranti) besok pagi Sabtu, 8 April 2023, menghadap saya," singkatnya.


 

Diketahui, OTT KPK terhadap Bupati Kepulauan Meranti itu dilakukan menjelang dini hari. Sejumlah pejabat yang diamankan sebanyak 25 orang.

 

Juru Bicara KPK, Ali Fikri, menyebut, selain bupati ada juga Sekda, Kepala Dinas dan Kepala Badan, serta Kepala Bidang dan sejumlah pejabat di Kepulauan Meranti. "KPK masih bekerja dan mengumpulkan barang bukti hingga nanti dibuat rilis lengkanya," terangnya.

 

Dalam OTT ini, sambung Ali, KPK juga mengamankan sejumlah uang. Namun, belum disebutkan berapa banyak jumlahnya. Banyak atau sedikitnya uang tersebut, kata Ali bukan persoalan utama korupsi. 

 

Penerimaan janji terkait transaksi penyalahgunaan jabatan sebagai penyelenggara negara juga sudah masuk kategori korupsi.