Lantik 188 Kepala Sekolah SMA/SMK dan SLB, Syamsuar Pesan Ini

Syamsuar623.jpg
(Riau online/Sofiah)

Laporan Sofiah

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Para seragam cokelat memenuhi Ballroom Dang Merdu, Gedung BRK di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Terlihat senyum merekah dari para tenaga pendidik yang ada di Bumi Lancang Kuning.

 

Mereka adalah para kepala sekolah yang tersebar di penjuru Riau dan dilantik oleh Gubernur Riau, Syamsuar, Selasa, 7 February 2023. Setidaknya ada 188 kepsek dari SMA/SMK dan SLB.

 

"Selamat kepada kepala sekolah dan juga PLT yang sudah dilantik," sebut Syamsuar.

 

Pelantikan ini, lanjut Syamsuar, sebagai pengisian jabatan yang kosong dan juga diisi oleh PLT. Sekaligus pengisian jabatan kepsek yang telah pensiun.

 

Orang nomor satu di tanah Melayu itu mengaku telah berkeliling Riau. Menurutnya, banyak anak yang berprestasi. Meski begitu masih da kesenjangan di daerah.


 

"Kesenjangan itu diharapkan agar para kepala sekolah yang baru dilantik agar bisa berinovasi. Sehingga, anak-anak di daerah juga berprestasi," pintanya.

 

Lebih dalam, terhitung melalui hari ini, agar setiap kepsek melakukan intropeksi di wilayah kerja daerah masing-masing. Bisa mengadu atau bertanya ke PGRI, dinas, pengawas, dan lainnya.

 

"Nanti akan saya lihat prestasi anak-anak di 2023, apakah meningkat atau tidak," tegasnya.

 

Dalam pada itu, ia pun telah menerima curhatan dari kepala sekolah yang berada di Dumai bahwa pelajaran online memengaruhi pada sikap anak yang kurang menghormati guru atau kurang respon dari petunjuk gurunya. Adapula yang cepat emosional dengan temannya serta kurang minat belajar.

 

"Orangtua kedua adalah guru. Artinya, sebenarnya para pelajar bisa pandai dan hebat karena guru," ucapnya.

 

 

Untuk itu ini menjadi tanggungjawab bersama agar anak-anak bisa menghormati guru. Terlepas dari itu, covid-19 sebut Syamsuar memengaruhi pola pikir anak.

 

"Kita kembalikan anak-anak untuk rajin ke sekolah. Tak hanya itu, kontrol terhadap anak juga perlu agar tidak melihat atau menonton hal-hal yang senonoh," imbuhnya.