Legislator DPRD Riau Minta Tambah Kursi DPR RI, Syamsurizal Sebut Tak Ada

Syamsurizal4.jpg
(Bagus Pribadi/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Syamsurizal, menegaskan tidak ada penambahan kuota kursi DPR RI dari daerah pemilihan Riau pada Pemilu 2024.

 

Ia memastikan pada Pemilu 2024 mendatang tetap 13 kursi untuk wakil rakyat dari Riau. Syamsurizal bilang sejauh ini tidak ada pembahasan soal kursi DPR RI dari Riau. 

 

"Pembahasannya cuma penambahan kursi dari DPR RI. Tidak ada pembahasan dan penambahan kuota kursi DPR RI dari Riau," katanya, Kamis, 29 Desember 2022.

 

Politikus PPP itu mengaku belum bisa memastikan apakah ada penambahan kuota kursi DPR RI di Riau tersebut.

 

"Belum tahu nanti, kalau sekarang tak ada pembahasannya," singkatnya.

 

Sebelumnya, sejumlah bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI asal Riau meminta jatah kursi di Senayan untuk Provinsi Riau ditambah. Alasannya, jumlah kursi saat ini tidak sebanding dengan luas wilayah serta daftar pemilih tetap (DPT).

 


Bacaleg dari Partai Golkar, Karmila Sari, mengatakan jika dibandingkan dengan daerah lain, kuota kursi perwakilan untuk Riau di Senayan sangat minim.

 

Menurutnya, dengan penambahan kursi di Senayan, wakil rakyat jadi lebih fokus dalam menyalurkan aspirasi-aspirasi termasuk melakukan pengawasan APBD maupun APBN.

 

Hal senada disampaikan Bacaleg DPR RI dari PKS, Markarius Anwar berharap agar penambahan kursi DPR RI tersebut jadi perhatian.

 

Dengan jumlah wakil rakyat yang banyak di Senayan, kata dia, maka bisa lebih banyak menyerap aspirasi dan mengakomodir kepentingan masyarakat di Riau.

 

"Kami mengharapkan agar ada penambahan, tujuannya untuk pemerataan menyerap aspirasi rakyat," tutupnya.