Kunker ke Riau, Menkumham Yasonna Minta Pelayanan Hukum dan HAM Dimaksimalkan

Yasonna-H-Laoly3.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna Laoly melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau. 

 

Dalam kunjungan kerja ini, Yasonna mengingatkan kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Riau untuk memaksimalkan pelayanan hukum dan HAM. 

 

"Penelitian menyebutkan bahwa negara yang banyak melahirkan inovasi Kekayaan Intelektual berbanding lurus dengan kemajuan suatu bangsa."

 

 

 

"Untuk itu kita harus mendorong dan meningkatkan inovasi yang berkembang di masyarakat dengan memberikan perlindungan hukum serta memaksimalkannya," ujar Menteri Yasonna, Sabtu, 24 September 2022.

 

Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Afrizal Natar Nasution yang ikut hadir bersama Menteri, menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja yang dipimpin oleh Yasonna Laoly.

 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan positif yang dilaksanakan oleh jajaran Kemenkumham, sebab budaya kerja yang positif menjadi dasar terciptanya pelayanan yang efektif."

 

"Penerapan nilai-nilai budaya baru akan mampu menjamin kinerja yang lebih baik dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami yakin dan percaya Kanwil Kemenkumham Riau di bawah pimpinan Yasonna Laoly dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam rangka penegakan hukum," paparnya. 

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd Jahari Sitepu pada kesempatan ini juga menyampaikan laporan terkait prestasi dan capaian kinerja yang membanggakan oleh jajaran Kanwil Kemenkumham Riau.

 


"Sembilan dari 30 satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau sudah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Artinya sudah mencapai 33% dari keseluruhan jumlah satker," ujar Sitepu. 

 

 

 

Selain itu seluruh jajaran selalu berkomitmen dalam mencegah terjadinya penyelundupan narkoba ke dalam lapas dan rutan. Sampai saat ini, lapas dan rutan di Riau juga  telah 12 kali berhasil melakukan penggagalan upaya penyelundupan narkotika ke dalam lapas/rutan.

 

Dalam rangka penanganan over kapasitas dan peningkatan kualitas layanan Warga Binaan Pemasyarakatan, pada tahun 2022 ini sedang berlangsung pembangunan Lapas Kelas IIA Bagansiapiapi, Lapas Narkotika Kelas IIB Rumbai, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru dan pembangunan satuan kerja baru Balai Pemasyarakatan di Kota Dumai.