Rp 15 M Anggaran Penyelenggaraan Porprov X Riau Masih Utuh, PB Pilih Ngutang

Ilustrasi-Anggaran2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau Tahun 2022. Namun anggaran dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi tersebut masih utuh dan belum digunakan sepeser pun.

Hal itu terungkap setelah Ketua Harian PB Porprov Riau, Dedy Sambudi, yang juga Sekda Kuantan Singingi (Kuansing) membeberkan kondisi anggaran penyelenggaraan Porprov X Riau tahun 2022 saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kuansing, Kamis, 22 Juni 2022.

"Bankeu penyelenggaraan Rp 15 miliar dan satu rupiah pun belum dipakai," ujar Dedy Sambudi mewakili Ketua Umum PB Porprov Riau hadir saat RDP dengan Banggar DPRD Kuansing. 

RDP dengan Banggar dipimpin langsung Ketua Banggar DPRD Kuansing, Adam, dihadiri Wakil Ketua DPRD, Zulhendri dan Juprizal, serta sejumlah anggota Banggar DPRD Kuansing.


Rapat juga dihadiri Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kuansing, Masrul Hakim, dan sejumlah Kabid serta Ketua KONI Kuansing, Andi Cahyadi dan jajaran.

Menurut Dedy Sambudi belum digunakannya bankeu tersebut karena ada masalah teknis. 

"Mau mencairkan pergub yang sekarang gunakan GU, sementara GU di Disdikpora hanya bisa Rp 100 juta sekali GU," katanya.

"Jadi belum ada satu rupiah pun digunakan, hutang semua. Kadisdik kebetulan banyak duitnya pak ditalangi semua," kata Dedy Sambudi.

Dari Rp 15 miliar anggaran dari Bankeu untuk penyelenggaraan Porprov X Riau nanti selain untuk kegiatan protokoler mulai untuk acara pembukaan dan penutupan besarannya dianggarkan mencapai Rp 3,5 miliar.

Kemudian untuk kebersihan dianggarkan Rp 600 juta lebih, untuk Sekretariat sebesar Rp 2,4 miliar, bidang kesehatan Rp 1,4 miliar, publikasi di Kominfo Rp 700 juta, bidang upacara Rp 2,4 miliar, keamanan Rp 1,3 miliar, akomodasi Rp 600 juta, dan konsumsi untuk tamu saat pembukaan sebesar Rp 120 juta.