7 Trik Hemat BBM di Tengah Kenaikan Harganya

SPBU-Modular.jpg
(Pertamina)


RIAUONLINE - Masyarakat tengah dituntut untuk lihai mengatur pengeluaran saat harga BBM mengalami kenaikan. Setidaknya, masyarakat dapat menghemat BBM dan diterapkan secara efektif untuk menekan pengeluaran untuk pos ini.

Dilansir dari Suara.com, Kamis, 22 September 2022, ada 7 trik menghemat BBM di tengah melejitnya harga bensin.

1. Atur Kecepatan Kendaraan

Mesin kendaraan bermotor memiliki batas kecepatan efektif untuk penggunaan BBM. Anda dapat berkonsultasi dengan bengkel untuk menyesuaikan kecepatan kendaraan.

Usahakan menambah kecepatan secara perlahan dan bertahap. Penambahan kecepatan yang mendadak akan membuat konsumsi BBM lebih boros.

2. Matikan Mesin saat Berhenti Lama

Saat berhenti cukup lama, sangat disarankan untuk mematikan mesin kendaraan. Sebab, mesin yang menyala dalam kondisi kendaraan berhenti dapat menjadi titik pemborosan.

Inilah sebabnya konsumsi BBM benar-benar boros ketika terjebak kemacetan.


3. Perhatikan Tekanan Angin pada Ban

Ketika tekanan angin pada ban berada di titik yang optimal dan tepat, kerja mesin dalam menggerakkan kendaraan akan semakin optimal pula. Ban yang terlalu lembek membuat mesin bekerja lebih keras, karena beban yang dimiliki mesin akan meningkat.

4. Jaga Kebersihan Filter Udara

Komponen fitler udara pada dasarnya berfungsi untuk memberikan suplai udara ke mesin, sehingga dapat bekerja dengan baik. Ketika saluran udara pada kendaraan kotor, kerja mesin juga akan semakin berat.

Sangat dianjurkan untuk membersihkan filter udara secara rutin, dan rasakan perbedaan konsumsi BBM pada kendaraan.

5. Pilih Jenis BBM yang Tepat

Setip kendaraan memiliki mesin dengan spesifikasi masing-masing dan dapat bekerja optimal dengan jenis BBM yang berbeda. Penggunaan jenis BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi kednaraan akan memicu pemborosan.

Pemilihan jenis BBM yang tepat akan membuat konsumsinya lebih efektif dan mesin kendaraan akan cenderung awet.

6. Beban Kendaraan

Usahan untuk mengurangi beban total kendaraan. Bahan besar yang digunakan membutuhkan kerja mesin yang berat pula. Sebab itu, pastikan beban yang dibawa kendaraan berada di titik efisien.

7. Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor Pribadi

Trik terbaik untuk menghemat BBM adalah mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi. Anda bisa mulai bepergian menggunakan sepeda atau kendaraan umum untuk mencapai tujuan. Dengan begini, konsumsi bahan bakar yang Anda miliki akan turun.