Kepala Bapenda Plus Komut BRK Syariah, Syamsuar Komentari Syahrial Abdi

Syamsuar504.jpg
(Istimewa)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur  Riau Syamsuar memberikan tanggapannya soal rangkap jabatan yang  diemban Kepala Badan Pendapatan  Daerah (Bependa) Provinsi Riau, Syahrial Abdi yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama (Komut) Bank Riau Kepri (BRK) yang kini menjadi BRK Syariah.

"Ini dia, boleh. Kalau tak boleh sudah dari lama tegurlah," ungkap Syamsuar saat ditemui sesuai Rapat Koordinasi  Nasional (Rakornas) Pembinaan, Pengawasan dan Pengedalian BUMD  di ruang Balai Serindit, Kompleks Gubernuran, Jalan Diponegoro.

Adapun Syahrial Abdi yang juga hadir di Rakornas tersebut ketika dimintai pendapatnya soal rangkap jabatan, dirinya mengatakan bahwa tidak ada masalah terkait hal tersebut. 

"Oke gak ada masalah, masalahnya apa?," tanyanya balik.

Lanjut ia  menjelaskan adapun disebutkan dalam Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, diungkap Syahrial ada penjabaran lanjutannya. Maksudnya Syahrial adalah rangkap jabatan menjadi problematis ketika yang menjabat adalah pelaksana layanan publik. Sedangkan Syahrial memposisikan dirinya sebagai peneyelenggara layanan.

"Yang pelaksana layanan publik itu kalau di instansi pemerintah  adalah upt. Kalau kita penyelenggara.  Jadi di UU pelayanan publik, coba baca definisinya apa itu penyelenggara.  Jadi ada strukturnya," papar Syahrial.

Ia pun menyebutkan seperti kepala rumah sakit, kepala upt, orang  yang langsung melakukan pelayanan publik itu yang  tidak boleh  merangkap jabatan sebagaimana yang dimaksud UU nomor 25 tahun 2009, kata Syahrial. 

Kendati demikian penjelasan Syahrial, ketika ditanyai soal  adanya benturan kepentingan di sana saat dirinya sebagai perwakilan Bapenda sebagai pengawas, Syahrial mengatakan tidak ada benturan kepentingan.


"Apa benturan kepentingannya?, Ya gak lah kan beda urusan, beda urusan," ujarnya sambil meninggalkan tempat.

Sebagai informasi, Syahrial Abdi lebih dulu menjabat sebagai Komut  BRK pada Senin, 15 November 2021 yang dipilih melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ( RUSPS- LB) yang berlangsung di Ballroom Lantai 4 Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri.

Kemudian pada  1 Desember 2021 lalu Syahrial Abdi dilantik langsung oleh Syamsuar sebagai Kepala Bapenda Riau dalam agenda pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Provinsi Riau, bersama 32 pejabat tinggi lainnya.