PSI Tebar Baliho Ojo Kesusu Jokowi untuk "Tampar" Elite Soal Pilpres 2024

Ojo-Kesusu.jpg
([Dok. PSI])

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Baliho Jokowi dengan tulisan "Ojo Kesusu!" dipasang pihak Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di sejumlah tempat di Indonesia.

Pemasangan baliho dengan mengutip ucapan Jokowi "Ojo Kesusu" ini sebagai respons PSI terkait pertemuan para elite partai politik (parpol) yang membicarakan calon presiden (capres) mendatang dalam beberapa hari terakhir.

Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha membenarkan bahwa PSI yang memasang baliho-baliho tersebut.

"Kalau ditanya tujuannya, ya ini kira-kira bentuk dukungan kami pada Pak Jokowi bahwa ojo kesusu atau jangan tergesa-gesa dalam menetapkan calon presiden mendatang," kata Giring, dalam keterangan tertulis, Jumat (24/6/2022).

Giring melanjutkan, saat ini pemerintah dan seluruh elemen bangsa tengah fokus menangani pandemi dan dampak yang ditimbulkan.

Energi dan waktu elite politik, lanjut Giring, juga selayaknya lebih banyak ditumpahkan untuk agenda tersebut daripada kasak-kusuk soal pencapresan.


"Pilpres masih dua tahun lagi. Bukan tidak boleh bicara soal pencapresan, tapi alokasi energi dan waktunya harus proporsional," tuturnya.

"Kami juga bicara Pilpres dengan 'Rembuk Rakyat PSI'. Tapi forum tersebut lebih untuk memberi kesempatan akar rumput bersuara dan mengenali para bakal calon," sambungnya.

Giring pun mengingatkan bahwa dampak buruk pandemi masih dirasakan rakyat.

"Para elite politik semestinya terpanggil untuk ikut bahu-membahu mengatasi. Lobi-lobi soal capres bisa ditunda sementara," pungkasnya.

Jokowi Ojo Kesusu

Ucapan "Ojo Kesusu" dilontarkan Jokowi saat menyampaikan pesan politiknya pada pembukaan Rakernas V 2022 Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meminta agar relawan jangan tergesa-gesa atau ojo kesusu membahas calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024.

"Fokus untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dahulu, ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini," katanya seperti dikutip dari suara.com