Berjam-jam Terapung karena Kapalnya Tenggelam, 3 Nelayan di Diselamatkan Teman

pencarian-orang-tenggelam7.jpg
(Dok Basarnas)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Berniat hendak mencari ikan, tiga orang nelayan dikabarkan hilang usai kapal mereka terbalik akibat cuaca buruk di Perairan Tanjung Sinepis, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat, 29 April 2022 sekitar pukul 20.00 WIB. 

 

Adapun identitas dari ketiga nelayan tersebut yakni, Ahmad Fauzi (48) Nahkoda, Saring (49) ABK, dan Sutrisno (58) ABK. 

 

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Ishak menceritakan kronologis kejadian yang menyebabkan hilangnya tiga orang nelayan tersebut. 

 

 "Dari informasi awal, ketiga orang ini berlayar berniat mencari ikan pada hari Jumat, 29 April 2022. Mereka berangkat pukul 15.00 WIB, namun karena cuaca buruk, mereka memutuskan untuk kembali," ujar Ishak, Sabtu, 30 April 2022.


 

Saat kembali, kapal mereka tak sanggup menahan cuaca buruk, akhirnya kapal yang di nahkodai Ahmad Fauzi akhirnya terbalik di Perairan Tanjung Sinepis. 

 

"Pada pukul 22.45 WIB, dari hasil Broadcasting ke Instansi terkait dan kapal nelayan yang melintas di sekitar LKP, 3 orang korban berhasil diselamatkan oleh salah satu kapal nelayan yang tengah melintas," terang Ishak. 

 

 

 

Pada pukul 23.30 WIB, kapal RB 218 akhirnya membawa tiga orang nelayan kembali ke Pangkalan Pelabuhan Pokala Dumai, dan diserahkan kepada pihak keluarga. 

 

"Karena seluruh korban telah ditemukan, Sabtu 30 April 2022 Pukul 00.30 WIB, Operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup," pungkasnya.