Geruduk DPRD Riau, Ini 5 Tuntutan Massa Mahasiswa

KORPAL.jpg
(Bagus Pribadi/ RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aliansi Mahasiswa Riau yang terdiri dari berbagai perguruan tinggi di Riau melakukan demonstrasi di depan Kantor DPRD Riau.

Koordinator lapangan aksi dari Universitas Riau, Sandi Purwanto, menyampaikan tuntutan aksi Aliansi Mahasiswa Riau kepada pimpinan DPRD Riau yang menjumpai massa aksi.

"Kami menolak kebijakan-kebijakan pemerintah yang dianggap merugikan rakyat. Kebijakan yang kontradiktif terhadap kondisi dan situasi Indonesia saat ini," katanya, Senin, 11 April 2022.

Adapun sikap yang dinyatakan Aliansi Mahasiswa Riau, sebagai berikut:


1. Menolak wacana penundaan Pemilu 2024.

2. Mendesak dan menuntut Presiden Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang Undang-Undang IKN, serta mengambil keputusan ulang sesuai dengan kondisi Indonesia yang telah dikaji.

3. Mendesak dan menuntut Presiden Jokowi menjamin kestabilan harga ketersediaan barang pokok serta menyelesaikan permasalahan ketidakstabilan bahan pokok.

4. Mendesak dan menuntut Presiden Jokowi agar segera menyelesaikan konflik agraria di seluruh Indonesia serta menyediakan sistem mutakhir terkait data agraria.

5. Mendesak dan menuntut Presiden Jokowi untuk menghadirkan Perpu atas Undang-Undang KPK tahun 2019, serta mengembalikan marwah KPK sebagai realisasi janji-janji presiden dalam agenda pemberantasan korupsi.