Gerakan Mak-mak Menuntut Keadilan: Tolak Jokowi 3 Periode

gerakan-mak-mak.jpg
(Haslinda/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejumlah wanita paruh baya dalam Gerakan Mak-mak Menuntut Keadilan (GMMK) ikut menghadiri demo besar-besaran yang dilakukan mahasiswa Riau pada Senin 11 April 2022 di depan Gedung DPRD Riau.

Salah seorang yang tergabung dalam GMKK, Herni menegaskan menolak penundaan pemilu 2024 dan wacana perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo.

"Kami di sini hadir untuk menuntut keadilan, emak-emak sudah menderita. Kami mendukung mahasiswa untuk menenggakkan keadilan di seluruh indonesia. Tuntunan pertama kami adalah kepemimpinan jokowi. Tidak dibenarkan dia menjadi pemimpin kembali. Kedua, induk-induk sudah kesusahan dalam mencari minyak goreng. Bapak-bapak sulit medapatkan solar," ujar Herni dalam orasinya, Senin 11 April 2022.


Kendati demikian, Herni tetap mengimbau para aksi demo agar tertib dan tidak anarkis.

"Mahasiswa semua yang berkumpul disini, sesuai dengan tuntuan kita turunkan Jokowi. Dan kita jangan anarkis," pungkasnya.

Sementara itu Dita yang juga tergabung dalam GMKK ikut menolak keras kepimpinan Jokowi mengingat bahan pokok terus menerus naik dan angka pengangguran yang masih tinggi.

"Untuk kepemimpinan periode ketiga Jokowi kami jelas menolak. Sebenarnya saya siapapun pemimpinanya setuju tapi bila mereka menepati janji," tegasnya.

"Jadi tuntunan kami itu terutama minyak goreng ya. Biasalah emak-emak pastinya menginginkan bahan pokok tidak pada naik. Terus masalah pengangguran dan para pekerja gaji yang dibawah UMR," tambahnya.