Pasien Covid-19 Meninggal Meningkat, Surya: Berusia Lanjut dan Ada Komorbid

dr-H-Surya-Hajar-Fitria-Dana2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Riau, Surya Hajar mengatakan, dari data yang ia dapatkan, pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia memiliki komorbid atau penyakit bawaan.

 

Selain memiliki penyakit penyerta, pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia juga sudah berusia lanjut. Rata-rata di atas 60 tahun.

 

“Pasien Positif COVID-19 yang meninggal belakangan ini banyak yang sudah berusia lanjut dan juga punya komorbid," katanya.

 

Lebih lanjut, Surya menjelaskan, bagi masyarakat Provinsi Riau yang berusia lanjut dan memiliki penyakit komprbid, tetap bisa divaksin.

 


“Untuk lansia yang punya komorbid, itu boleh di vaksin. Jadi, pemahaman-pemahaman yang itu yang harus kita berikan,” ujarnya.

 

Surya yang berprofesi sebagai dokter paru ini menjelaskan, bagi lansia yang memiliki penyakit komorbid ataupun masyarakat yang belum lansia tapi memiliki komorbid bisa di vaksin, jika yang bersangkutan tersebut sudah tidak bergejala.

 

 

Tidak bergejala disini maksudnya jika yang bersangkutan dalam keadaan stabil kondisinya. 

 

“Yang masih bergejala ini, masih dirawat dirumah sakit dia, itu kita tunda dulu. Tapi jika sudah stabil hipertensinya, gulanya stabil, itu boleh divaksin,” pungkasnya.