4 Jenis Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak

bermain-bersama-anak.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Pola asuh orang tua adalah perilaku yang diterapkan pada anak dan bersifat relatif konsisten dari waktu ke waktu, hal ini dapat dirasakan oleh anak dari segi negatif maupun positif.

Dalam mendidik anak, terdapat berbagai macam bentuk pola asuh yang bisa orangtua gunakan. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Parent, 4 jenis pola asuh orangtua terhadap anak, simak ulasannya berikut ini.

Kebiasaan orangtua dalam mendidik atau mengasuh anak didalam sebuah keluarga biasa disebut dengan istilah pola asuh. Menurut Baumrind menyatakan bahwa terdapat 4 jenis pola asuh orangtua yaitu :

a. Authoritative, mengandung demanding dan responsive. Dicirikan dengan adanya tuntutan dari orangtua yang disertai dengan komunikasi terbuka antara orangtuadan anak, mengharapkan kematangan perilaku pada anak disertai dengan adanya kehangatan dari orangtua.

 

b. Parent, 4 jenis pola asuh orangtua terhadap anak selanjutnya adalah Authoritarian, mengandung demanding dan unresponsive. Dicirikan dengan orangtua yang selalu menuntut anak tanpa memberi kesempatan pada anak untuk mengemukakan pendapatnya, tanpa disertai dengan komunikasi terbuka antara orangtua dan anak juga kehangatan dari orangtua.

c. Permissive, mengandung undemanding dan responsive. Dicirikan dengan orangtua yang terlalu membebaskan anak dalam segala hal tanpa adanya tuntutan ataupun kontrol, anak dibolehkan untuk melakukan apa saja yang diinginkannya.

 d. Uninvolved, mengandung undemanding dan unresponsive. Dicirikan dengan orangtua yang bersikap mengabaikan dan lebih mengutamakan kebutuhan dan keinginan orangtua daripada kebutuhan dan keinginan anak, tidak adanya tuntutan, larangan 19 ataupun komunikasi terbuka antara orangtua dan anak. Untuk setiap orangtua, penerapan pola asuhnya dapat berbeda-beda.

 


Menurut Elizabet B. Hurlock ada beberapa sikap orangtua yang khas dalam mengasuh anaknya, antara lain :

 a. Melindungi berlebihan. Perlindungan orangtua yang berlebihan mencakup pengasuhan dan pengendalian anak yang berlebihan.

b. Permisivitas. Permisivitas terlihat pada orangtua yang membiarkan anak berbuat sesuka hati dengan sedikit pengendalian.

 c. Memanjakan Permisivitas yang berlebih-memanjakan membuat anak egois, menuntut dan sering tiranik.

d. Penolakan. Penolakan dapat dinyatakan dengan mengabaikan kesejahteraan anak atau dengan menuntut terlalu banyak dari anak dan sikap bermusuhan yang terbuka.

e. Penerimaan. Penerimaan orangtua ditandai oleh perhatian besar dan kasih sayang pada anak, orangtua yang menerima, memperhatikan perkembangan kemampuan anak dan memperhitungkan minat anak.

 f. Dominasi Anak yang didominasi oleh salah satu atau kedua orangtua bersifat jujur, sopan dan berhati-hati tetapi cenderung 18 malu, patuh dan mudah dipengaruhi orang lain, mengalah dan sangat sensitif.

g. Tunduk pada anak Orangtua yang tunduk pada anaknya membiarkan anak mendominasi mereka dan rumah mereka.

 

h. Favoritisme Meskipun mereka berkata bahwa mereka mencintai semua anak dengan sama rata, kebanyakan orangtua mempunyai favorit. Hal ini membuat mereka lebih menuruti dan mencintai anak favoritnya dari pada anak lain dalam keluarga.

i. Ambisi orangtua Hampir semua orangtua mempunyai ambisi bagi anak mereka seringkali sangat tinggi sehingga tidak realistis. Ambisi ini sering dipengaruhi oleh ambisi orangtua yang tidak tercapai dan hasrat orangtua supaya anak mereka naik di tangga status sosial.

Sekian informasi mengenai Parent, 4 jenis pola asuh orangtua terhadap anak. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.