Timnas Belum Pernah Menang Atas Singapura Saat Bertanding di Stadion Nasional

timans-di-aff-2020.jpg
(dok. PSSI)

RIAUONLINE - Timnas Indonesia akan melakoni partai penting kontra Singapura dalam semifinal leg kedua Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021). Nasib Timnas Indonesia di kejuaraan ini ditentukan dari laga ini.

Hanya ada satu cara supaya skuad Garuda (julukan Timnas Indonesia) melangkah ke final adalah dengan mengalahkan Singapura berapapun hasilnya. Sebab tidak ada peraturan gol tandang untuk kali ini.

Seperti diketahui, sebelumnya kedua tim sudah saling berhadapan di leg pertama. Di mana Timnas Indonesia bermain imbang 1-1.

Hanya saja langkah Timnas Indonesia mengalahkan Singapura tidaklah mudah. Seperti apa yang diperlihatkan di leg pertama, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan cukup kerepotan melawan The Lions (julukan Singapura).

Harris Harun Cs punya keuntungan menatap laga ini. Dukungan suporter yang banyak karena bertindak sebagai tuan rumah bakal meningkatkan motivasi para pemain.

Memang, sejarah mencatat Timnas Indonesia belum pernah mengalahkan Singapura ketika bertanding di Stadion Nasional. Dari beberapa pertemuan terakhir hasilnya tiga kali seri dan tiga kekalahan didapat tim Merah Putih.

Akan tetapi, Timnas Indonesia punya amunisi baru di leg kedua ini dengan hadirnya Egy Maulana Vikri. Hanya saja, belum bisa ditebak pemain FK Senica itu dimainkan sebagai starter atau tidak.


Sebab, dari beberapa laga yang sudah dijalani formasi Shin Tae-yong sulit ditebak. Juru taktik asal Korea Selatan itu sering mengubah susunan pemain dengan dalih mengecoh lawan.

Sementara Singapura punya ambisi besar mengalahkan Timnas Indonesia. Mereka punya target meraih juara di kandang mereka sendiri.

Pertandingan ini juga berpeluang sampai adu tendangan penalti jika belum ada pemenang sampai waktu normal selesai. Hanya saja, pelatih dari kedua tim menegaskan ingin menyelesaikan pertandingan dalam 90 menit.

Oleh sebab itu, jalannya pertandingan bakal sengit sejak dimulai. Kedua tim akan saling serang demi mencetak gol lebih dahulu untuk tingkatkan rasa percaya diri.

Perkiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-1-4-1): Nadeo Winata; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Kushedya Hari Yudo

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Timnas Singapura (4-3-3): Hassan Sunny; Zulqarnaen, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nazrul Nazari; Shahdan Sulaiman, Hami Syahin, Harris Harun; Shawal Anuar, Ikhsan Fandi, Faris Ramli

Pelatih: Tatsuma Yoshida (Jepang)

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com