5 Tips Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat

ibu-hamil7.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kehamilan merupakan suatu anugerah yang harus diperhatikan dengan baik, dijaga dan dirawat dengan penuh kasih sayang agar lahir seorang bayi yang sehat dan sang ibu selamat.

Namun ada kalanya seorang ibu hamil belum mengetahui secara pasti hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan hal yang harus dihindari selama kehamilan, terutama pada saat kehamilan pertama.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Kehamilan, 5 Tips menjaga kehamilan agar tetap sehat, simak ulasannya berikut ini.

Prioritas nomor 1 bagi ibu hamil adalah kesehatan calon bayi didalam kandungannya. Banyak cara untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan dan juga kesehatan sang ibu pada saat hamil.

Karena sudah pasti semua orang tua tentu sangat menginginkan buah hati bayi nya dapat lahir ke dunia dalam keadaan sehat dan selamat tanpa kekurangan apapun, oleh karena itu pada masa kehamilah sudah seharusnya para orang tua lebih memperhatikan kesehatan dan perkembangan calon buah hati yang masih dalam kandungan yang masih sangat rentan ini.

Untuk para ibu yang sedang hamil, memang dituntut untuk memberikan perhatian ekstra dan jangan sampai terlewatkan untuk menjaga kondisi kandungan.

Berikut ini tips menjaga bayi dalam kandungan agar tetap sehat :

1. Hindari mengkonsumsi obat-obatan tanpa adanya rekomendasi dari dokter kandungan, karena meminum obat yang salah bisa membahayakan janin di dalam perut.

2. Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan matang atau hanya setengah matang, karena jenis makanan ini meningkatkan resiko terkena penyakit toksoplasma.

3. Hindari asap rokok, apalagi menjadi perokok. Karena kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan plasenta lepas hingga bayi menjadi cacat, ukuran bayi lebih kecil dari seharusnya dan banyak resiko penyakit lainnya.

4. Jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga secara teratur, kehamilan bukan alasan untuk tidak berolahraga. Akan jauh lebih baik lagi jika berolahraga khusus untuk ibu hamil seperti yoga dan senam ibu hamil.


5. Istirahatlah yang cukup, jika sebelum hamil sering begadang maka kebiasaan ini harus di hilangkan setelah berbadan duaRajinlah berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memeriksakan perkembangan janin yang ada di kandungan Sedangkan makanan yang baik untuk ibu hamil - asupan makanan ibu hamil memang harus diperhatikan demi kesehatan ibu dan anak.

Kehamilan, 5 Tips menjaga kehamilan agar tetap sehat

Rekomendasi makanan yang tepat untuk ibu hamil :

1. Mengkonsumsi Telur, telur mengandung sekitar 90 kalori dalam satu telur, terdapat hampir 12 vitamin lebih ada didalam telur, telur juga mengandung banyak protein dan mineral.

Telur merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya akan kolin dan akan mendorong pertumbuhan bayi serta kesehatan otak bayi dalam perut.

Dengan mengkonsumsi telur, sel – sel bayi yang ada didalam janin anda akan tumbuh pada tingkat yang eksponensial dan setiap sel.

2. Mengkonsumsi ikan salmon, ikan salmon mengandung beberapa zat yang sangat bagus untuk ibu hamil. Ikan salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, sumber omega 3 lemak yang sangat berguna untuk kesehatan bayi.

Namun anda juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon terlalu banyak, sebaiknya anda mengkonsumsi degan batasan 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri yang terkandung pada ikan salmon.

3. Mengkonsumsi Kacang, mengkonsumsi kacang akan memberikan banyak manfaat untuk wantia hamil. Salah satunya buncis, buncis memiliki kandungan protein paling banyak jika dibandingkan dengan jenis kacang–kacangan yang lainnya.

Protein adalah zat yang paling penting untuk kehamilan, buncis juga memiliki banyak zat yang sangat bagus untuk pertumbuhan janin seperti folat dan kalsium.  Terdapat kandungan serat yang dapat menghindari kondisi sembelit pada ibu hamil.

4. Mengkonsumsi walnut, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi walnut karena walnut merupakan salah satu sumber terkaya nabati omega-3. Jadi anda bisa mencobanya untuk digunakan menjadi snack atau salad yang anda suka.

 

 

 

5. Mengkonsumsi sayuran hijau, sayur memberikan banyak manfaat untuk ibu hami karena mengandung nutirisi, seperti vitamin A,C, dan juga K serta folat.

Sayuran hijau yang paling bagus adalah sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam, selain bagus untuk kesehatan bayi dalam perut anda sayuran juga sangat bagus untuk kesehatan mata.

Sekian informasi mengenai Kehamilan, 5 Tips menjaga kehamilan agar tetap sehat. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.