Zulkarnain Kadir: Pemprov Perlu Bentuk Badan Pengelola Stadion Utama Riau

Stadion-utama-tak-terawat.jpg
(Sigit)

Laporan: Bagus Pribadi

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Tokoh Masyarakat Riau, Zulkarnain Kadir, merasa prihatin dengan kondisi Stadion Utama Riau saat ini. Ia menyayangkan stadion megah yang dibangun dari biaya APBD Riau itu kini terlantar.

Zulkarnain meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kembali memperhatikan Stadion Utama Riau. Menurutnya, perawatan fasilitas pemerintah perlu jadi perhatian selain hanya berfokus pada pengadaan dan pembangunan.

“Dirawat lah stadion itu, diperbaiki mana yang rusak seperti dicat ulang dan alat-alat yang sudah rusak atau hilang itu bisa diadakan lagi,” katanya saat dihubungi riauonline.co.id, Senin, 20 Desember 2021.


Menurut Mantan Birokrat Pemprov Riau itu, Stadion Utama Riau perlu dikelola lagi dengan baik dan kompeten. Sebab, pengelolaan yang baik bisa berdampak pula pada perekonomian sekitar dan menambah pendapatan pemerintah.

“Makanya perlu itu dibentuk badan pengelola biar jelas dan bisa terus berjalan pengelolaannya,” sarannya.

Terkait wacana pembentukan badan pengelola Stadion Utama Riau, Zulkarnain meminta Gubernur Riau, Syamsuar berani membuat langkah-langkah perbaikan stadion. Ia pun mencontohkan langkah-langkah menuju pembentukan badan pengelola bisa diawali dengan studi banding ke stadion utama lain seperti Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Sumsel.

“Tunjuk saja individu yang berkompeten untuk mengelolanya, tapi tetap di bawah kendali Pemprov Riau. Soal bentuk ya terserah saja, baik yayasan, PT, dan lainnya,” tutupnya.