Dampak Gawai bagi Kesehatan dan Perilaku Anak

gawai.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Teknologi semakin berkembang di tengah kemajuan zaman, teknologi yang eksis di era globalisasi ini adalah gawai atau gadget.

Semakin meningkatnya penggunaan gadget pada anak, bahkan anak-anak dan remaja menggunakan gadget melebihi batas waktu yang dianjurkan.

Hal itu hal tersebut akan berpengaruh terhadap risiko kesehatan. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Gadgets, Dampak gadget bagi kesehatan dan perilaku anak, simak ulasannya berikut ini.

Resiko penggunaan gadget yang berlebihan

Penggunaan gadget pada anak kian meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya penggunaan gadget terhadap anak yaitu karena semakin berkembangnya teknologi.

 

Teknologi tampil dengan sistem touch screen sehingga membuat siapa pun lebih mudah untuk menggunakannya terutama anak kecil yang belum bisa membaca sekalipun. Anak-anak menggunakan gadget untuk bermain game, akses internet, media pembelajaran dan menonton animasi.

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat membawa dampak negatif bagi tumbuh kembang dan perilaku anak. Penggunaan gadget dengan durasi yang terlalu lama akan berakibat negatif terhadap perkembangan otak dan mata anak.

Seharusnya anak memiliki aktivitas fisik yang baik untuk perkembangan motoriknya. Akademi dokter anak Amerika dan perhimpunan dokter anak kan ada menegaskan, anak umur 0-2 tahun tidak boleh terpapar oleh teknologi sama sekali.

Anak umur 3-5 tahun dibatasi menggunakan teknologi hanya 1 jam perhari dan anak umur 6-18 tahun dibatasi 2 jam saja perhari. Namun pada kenyataannya anak-anak dan remaja menggunakan teknologi melebihi batas waktu yang dianjurkan, dengan begitu mereka terancam memiliki risiko kesehatan. Perilaku penggunaan gadget dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya pemahaman tentang dampak penggunaan gadget.

Penggunaan gadget secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan psikis dan jasmani seseorang dan tentunya dapat mengalami berbagai macam gangguan.


Resiko kesehatan akibat dari penggunaan gadget yang terlalu berlebihan antara lain adalah kurang tidur, kelainan mental, radiasi emisi, terganggunya pertumbuhan otak, obesitas dan sifat agresif. Untuk itu perlu adanya batasan dalam menggunakan gadget.

Solusi bijak dalam menggunakan gadget

Gadgets, Dampak gadget bagi kesehatan dan perilaku anak selanjutnya adalah solusi bijak dalam menggunakan gadget. Gadget semakin mempermudah kegiatan manusia, dengan adanya gadget cara komunikasi berkembang semakin pesat.

Di balik segala kemudahan dan keuntungan dari gadget hal ini berdampak terhadap perkembangan sosial anak usia dini, dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini terdapat dampak positif dan juga dampak negatif.

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak diantaranya nya anak menjadi pribadi yang tertutup, suka menyendiri, perilaku kekerasan, gangguan tidur, ancaman cyber bullying dan pudarnya kreativitas.

 

 

Solusi dari permasalahan pemakaian gadget yang berlebihan pada anak adalah dengan membatasi pemakaian gadget, lebih bijak dalam mengatur waktu penggunaan gadget dan mengawasi anak dalam bermain gadget.

Maka dari itu diperlukan figur orang tua yang berperan sangat penting serta memberi edukasi yang tepat untuk anak dalam bermain gadget, agar tidak menghambat perkembangan sosial anak.

Sekian informasi mengenai Gadgets, Dampak gadget bagi kesehatan dan perilaku anak. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca.